1. Lifestyle

Survei Steam Januari 2014: Nvidia Masih Menjadi Pilihan Gamer

Survei Steam untuk awal tahun 2014 (Januari) ini masih menempatkan Nvidia sebagai pilihan para gamer, lalu apa lagi yang bisa kiat lihat dari hasil survei yang dilakukan Steam, mari kita ikuti artikelnya.

Sebelum memulai ada baiknya dijelaskan terlebih dahulu bahwa hasil survei Steam pada dasarnya tidak merepresentasikan seluruh pengguna PC high-end yang kita tahu jumlahnya sangat banyak. Namun dengan peningkatan sebesar 15% hanya dalam tiga bulan, 75 juta orang lebih pengguna Steam diharapkan bisa memberikan sebuah gambaran tren pasar PC (dan Mac) saat ini. Dan tidak lama lalu Valve merilis hasil Steam Survey bulan Januari 2014.

Pertama saya akan mulai membahas sisi hardware terlebih dulu. Seperti survei beberapa bulan lalu, seri kartu grafis on-board buatan Intel - HD 4000 dan HD 3000 - masih menempati posisi puncak. Hal ini menandakan bahwa Anda tidak perlu memiliki hardware yang terlalu tinggi untuk menikmati game-game PC, tetapi tentu saja ia juga disebabkan oleh Intel yang memiliki varian GPU paling sedikit dibandingkan Nvidia dan AMD - sehingga jumlah pengguna akan terkonsentrasi ke sana.

 

Info menarik: Pasar Game PC Masih Jadi Yang Terbesar, Tahun Ini Lewati US$ 25 Miliar

 

Dan dari keseluruhan tiga vendor itu, Nvidia menguasai lebih dari separuh pasar - dengan peningkatan sebesar 0,34% ke 52,01%. AMD juga mendapatkan peningkatan sebesar 0,01% dengan total 31,36%. AMD memang harus berusaha lebih keras jika mereka bermimpi untuk menyusul Nvidia, dan kita harap teknologi Mantle mereka akan merubah persepsi khalayak gamer tentang optimalisasi hardware. Peningkatan di kedua vendor ini mengindikasikan terdapat penurunan pada pengguna kartu grafis besutan Intel.

Di sisi sistem operasi, Windows 8.1 64-bit masih berusaha mati-matian untuk menyeruak naik. Terdapat peningkatan yang cukup sehat sebesar 1,88 %. Sepupu 32-bit-nya juga mengalami kenaikan kecil di 0,04%. Seperti yang pernah dibahas sebelumnya, naiknya kepopularitasan Windows 8.1 adalah hasil migrasi mereka yang sebelumnya menggunakan Windows 8. 8.1 terbukti lebih kompatibel dan intuitif dibandingkan versi sebelumnya.

 

Info menarik: Berkolaborasi Dengan ARM, AMD Luncurkan Prosesor Server 64-bit Pertama

 

Namun saat kita lihat pengguna Windows 7 64-bit yang masih mendominasi kurang lebih separuh user Steam, kita bisa mengambil kesimpulan bagaimana sistem operasi ini masih sangat diandalkan untuk berbagai kegunaan - baik multimedia maupun gaming. Hal ini juga mengindikasikan bahwa mungkin banyak orang menahan diri untuk upgrade ke 8 (tentunya 8.1) sembari menanti Windows 9 yang rumornya dirilis April 2015.

Yang terakhir adalah pilihan CPU. Berbeda dari pasar smartphone dan tablet, hanya ada dua vendor raksasa yang mendominasi PC. Mereka adalah Intel dan AMD. Terlepas dari ide cemerlang konsep HSA dan penggunaan APU di console-console terbaru, Intel masih mendominasi lebih dari 70 persen pasar. Tapi ada sebuah titik cerah untuk AMD, di bulan Januari lalu terdapat peningkatan tipis namun signifikan sebesar 0,28%.

Banyak orang penasaran apa dampaknya nanti jika mereka merilis Mantle. Baru saja AMD meluncurkan driver versi beta Catalyst 14.1 yang pertama kali mengaktifkan fitur ini. Sayangnya saya belum bisa mencobanya karena tidak memiliki kartu grafis AMD. Jika nanti Mantle terbukti mampu mengoptimalisasi performa game, akankah ia menggetarkan dominasi Intel dan Nvidia?

Trenogoers yang ingin membaca lengkap survei dari Steam untuk bulan Januari 2014 bisa menuju tautan ini.

Sumber gambar header: Wikipedia.org.

Are you sure to continue this transaction?
Yes
No
processing your transaction....
Transaction Failed
Try Again

Sign up for our
newsletter

Subscribe Newsletter
Are you sure to continue this transaction?
Yes
No
processing your transaction....
Transaction Failed
Try Again