[Panduan Pemula] Membuat Akun PayPal

PayPal merupakan alat pembayaran online yang umum digunakan dewasa ini, salah satu pertimbangan orang memilih PayPal karena diklaim lebih aman ketimbang langsung menggunakan kartu kredit. Selain digunakan oleh pembeli personal, PayPal juga digunakan oleh penjual yang menjajakan produk atau jasanya via internet.

Dengan adanya PayPal, penjual dapat menerima pembayaran dari mayoritas alat pembayaran baik dari pemegang akun PayPal maupun pemegang kartu kredit dengan logo Visa dan Mastercard.

PayPal menawarkan tiga jenis akun yaitu Personal, Premier dan Bisnis. Akun Personal diperuntukkan bagi kalangan yang hanya menggunakan akun untuk membeli barang di internet, menerima uang dari kerabat atau teman. Sementara akun Premier lebih ke pribadi yang melakukan aktifitas jual beli secara online sementara akun Bisnis khusus untuk kalangan korporat atau perusahaan.

Tanpa memperpanjang narasi, yuk kita langsung ke pokok pembahasan. Berikut ini adalah step by step membuat akun PayPal khusus untuk jenis akun Personal dan Premier.

  • Pertama silahkan kunjungi web PayPal, kemudian klik tombol Sign Up.

  • Pilih salah satu, Personal atau Premier.

  • Di halaman ini silahkan isi semua kolom yang kosong, di sini Anda bisa langsung menghubungkan kartu kredit Anda dengan memberi tanda centang pada opsi Link my credit card so I can start shopping right away (recommended). Tapi jika ingin menyelesaikan proses pendaftarannya dahulu, cukup hilangkan tanda centang dan langsung klik Agree and Create Account. Anda bisa menghubungkan kartu kredit nanti setelah pendaftaran selesai.

  • Isi kode captcha yang diminta lalu klik tombol Continue.

  • Di halaman selanjutnya Anda akan diminta untuk kembali menghubungkan kartu kredit, jangan hiraukan dulu, klik saja link Go to My Account dan temukan beberapa notifikasi seperti ini. Klik Confirm email address.

  • Buka tab baru dan login ke email yang Anda gunakan untuk mendaftarkan akun PayPal tadi. Temukan pesan masuk dari PayPal dan klik tombol Confirm Email.

  • Anda akan dibawa kembali ke halaman PayPal dan diminta untuk mengetikkan kata sandi akun, dan juga pertanyaan keamanan jika suatu saat Anda lupa dengan email atau kata sandi akun.

  • Akun PayPal Anda sudah aktif namun belum terverifikasi, salah satu cara untuk verifikasi adalah dengan menambahkan kartu kredit Anda. Tepat di bawah nama akun, temukan link Get verified.

  • Isi nama Anda, harus sama dengan KTP dan kartu kredit Anda, kemudian isi nomor kartu kredit, tanggal kadaluarsa dan 3 digit angka di balik kartu Anda.

  • Selanjutnya PayPal akan mengenakan biaya sebesar $1.95, beberapa hari kemudian Anda harusnya sudah dapat melihat rincian potongan ini di statement kartu kredit Anda. Di dalam rincian tersebut Anda akan menemukan 4 digit angka yang harus Anda simpan sebab angka tersebut akan berguna untuk proses selanjutnya.
  • Terakhir login ke akun PayPal Anda dan temukan notifikasi untuk proses verifikasi akhir, lalu masukkan 4 digit angka yang Anda dapat dari rincian statement potongan PayPal sebelumnya dan selesai.

Prosesnya cukup panjang, tapi ada beberapa alternatif yang bisa Anda lakukan untuk mempercepat proses verifikasi. Yang pertama dengan menggunakan yang namanya VCC atau Virtual Credit Card yang bisa Anda dapatkan di internet, silahkan Anda cari melalui Google atau forum terpercaya.

Beberapa teman bertanya proses verifikasi menggunakan rekening bank, sayangnya sekarang PayPal tidak lagi mendukung verifikasi jenis ini. Kabarnya BNI menawarkan VCN atau Virtual Card Number namun berhubung saya bukan pengguna BNI jadi belum bisa memberikan petunjuk lebih jauh. Bagaimana dengan bank lain ya, misalnya BCA? Sepertinya untuk saat ini belum bisa. Mungkin sobat pembaca yang lain ada punya pengalaman verifikasi via rekening bank? Kolom komentar menanti Anda untuk membagikan pengalaman menggunakan PayPal.