Dark
Light

Tutorial Mengunduh Arsip Twitter

1 min read
July 10, 2013

Mengunduh atau men-download arsip dari akun Twitter sangat mungkin dilakukan, mungkin Anda pernah mendengar bahwa Twitter telah menyediakan fitur ini namun belum pernah mencobanya, atau Anda belum tahu caranya. Tenang saja, artikel ini akan memberikan tutorial bagi Anda untuk mengunduh arsip di Twitter.

Arsip yang paling dibutuhkan tentunya data Tweet sejak pertama kali bergabung ke Twitter, dengan mengunduh arsip akun, Anda dapat dengan mudah membuka semua data secara offline. Untuk apa sih? Ada banyak alasan melakukan hal ini, setiap orang mungkin punya alasan yang berbeda, tak terkecuali saya atau Anda.

Tidak dibutuhkan aplikasi pihak ketiga untuk mengunduh arsip Tweet, Twitter sudah menyiapkan tool-nya untuk Anda. Prosesnya juga sederhana, untuk lebih jelasnya kita langsung saja bahas step by step-nya.

  • Pertama login ke akun Twitter Anda kemudian klik ikon Gear dan klik menu Settings.

  • Masih di tab Account, scroll mouse Anda ke dasar halaman dan temukan sub heading Your Twitter archive lalu klik tombol Request your archive.

  • Buka tab baru dan login ke email yang terdaftar di Twitter, buka email dari Twitter dan klik tombol Go now atau tautan (link) yang diberikan. Note: Jika Anda tidak menerima email dari Twitter, kembali ke jendela akun Twitter dan refresh halaman tersebut, kemudian klik tombol Resend Email di tempat permintaan arsip.

 

  • Selanjutnya Anda akan dibawa ke halaman Twitter, tombol request archive tadi kini sudah berubah menjadi tombol Download, klik saja tombol tersebut dan proses download/unduh akan dimulai, tunggu hingga selesai dengan sempurna.

  • Format file masih dalam ekstraksi Zip, ekstrak file tersebut menggunakan WinZip atau WinRar. Setelah selesai diekstrak ke dalam folder Anda dapat mengakses file Index.html untuk membuka arsip secara offline.

Demikianlah tutorial step by step men-download atau mengunduh arsip akun Twitter yang dapat saya ulas pada kesempatan kali ini, semoga bermanfaat dan sampai jumpa di artikel turorial lainnya.

Sumber gambar header JJ Studio/Shutterstock.

Leave a Reply

Your email address will not be published.

Previous Story

Google Sediakan Halaman Khusus Untuk Sambut Momen Ramadan

Next Story

Twitter Hadirkan Sinkronisasi Direct Message di Antara Aplikasi Resminya

Latest from Blog

Don't Miss

Pengguna X Premium Kini Bisa Gunakan Grok AI

Secara global, Elon Musk mengumumkan peluncuran Grok 1.5 pada akhir
Twitter X

Setelah Twitter Ganti Nama, Merek Dagang “X” Ternyata Dipegang oleh Meta

Pada 23 Juli 2023, Elon Musk secara terbuka mengumumkan perubahan