Stockbit Akuisisi Layanan Marketplace Reksa Dana Online “Bibit”

Stockbit Akuisisi Layanan Marketplace Reksa Dana Online “Bibit”

Akuisisi saham mayoritas dengan nilai transaksi tidak disebutkan
Aplikasi Bibit diakuisisi oleh Stockbit / Bibit
Aplikasi Bibit diakuisisi oleh Stockbit / Bibit

Aplikasi investasi saham Stockbit mengumumkan akuisisi saham mayoritas terhadap layanan marketplace reksa dana online Bibit dengan nilai yang tidak disebutkan. Bibit menjadi cara Stockbit untuk menangkap potensi investor reksa dana dari semua kalangan, terutama milenial.

“Kami percaya bahwa reksa dana adalah produk yang tepat untuk masyarakat Indonesia mulai berinvestasi. Saat ini kami adalah pemegang mayoritas di Bibit,” ucap Founder dan CEO Stockbit Wellson Lo kepada DailySocial.

Wellson menambahkan pihaknya melirik pasar reksa dana lantaran banyak pertanyaan yang dilontarkan dari para pengguna Stockbit, salah satunya terkait cara mulai berinvestasi. Dia percaya bahwa mayoritas masyarakat Indonesia masih tergolong investor baru.

Bibit telah mengantongi lisensi dari OJK pada akhir 2018 sebagai agen penjual reksa dana. Sebelumnya dijalankan oleh Juvenco Pelupessy, William Anwar, Hendy Djuarto, dan Harry Dinata. Bibit juga didukung oleh angel investor Christopher Angkasa untuk operasional awalnya.

Para founder masih tetap ada di Bibit, namun kelola aplikasi kini sudah diserahkan sepenuhnya ke pihak Stockbit. Pengguna Bibit disebutkan telah menyentuh angka 5 ribu orang.

Model bisnis Bibit

Bibit diklaim berbeda dengan layanan sejenis. Yang paling ditonjolkan dari Bibit adalah penggunaan prinsip Modern Portofolio Theory untuk merancang portofolio yang optimal khusus investor.

Prinsip ini diperkenalkan oleh ekonom Harry Markowitz yang telah terbukti dan diterima oleh kalangan profesional dan akademis sebagai standar best practice untuk portofolio management.

“Kami bukan sekadar fund supermarket. Namun kami juga menggabungkan elemen financial advisor dan financial planning untuk semua kalangan.”

Menurutnya, teknologi ini bisa secara dinamis menyesuaikan portofolio investor berdasarkan kepribadian masing-masing. Seperti umur, penghasilan, level risiko, target, dan tujuan hidup.

Investor pun akan terima portofolio yang terdiri dari reksa dana yang berbiaya rendah dan sudah terdiversifikasi ke dalam deposito, obligasi, dan saham. Portofolio tersebut akan secara otomatis diseimbangkan kembali seiring berjalannya waktu, sehingga investasi akan selalu sejalan dengan tujuan investor.

Karena bertujuan ingin mendorong investor yang datang dari semua kalangan, Bibit membuka peluang investasi reksa dana mulai dari Rp10 ribu tanpa biaya komisi. Proses pendaftarannya dapat diselesaikan dalam hitungan menit, tanpa dokumen fisik.

Wellson menegaskan untuk monetisasinya perusahaan tidak mengutip dari nasabah, melainkan dari para manajer investasi. Hanya saja, Wellson enggan mengungkap target nasabah yang dibidik untuk tahun ini.

Saat ini Bibit telah bekerja sama dengan beberapa perusahaan manajer investasi (MI), diantaranya Avrist Asset Management, Majoris Asset Management, Pinnacle Investment, dan Sinar Mas Asset Management.

Perusahaan akan terus menambah kerja sama dengan perusahaan MI agar nasabah memiliki banyak pilihan. Akan tetapi, Wellson memastikan bahwa MI yang akan dipilih tetap dikurasi berdasarkan imbal hasil, expense ratio, AUM, dan reputasinya. Hal ini dimaksudkan untuk membantu nasabah mulai berinvestasi reksa dana tanpa perlu memilih lagi.

“Untuk mitra MI kita akan tambah terus. Akhir Februari ini, kami target ada 3-4 MI baru yang bergabung dengan kami.”

Rencana Stockbit

Terkait rencana Stockbit, Wellson menyebut Stockbit telah menghimpun 150 ribu investor saham setelah memasuki usianya yang kelima. Perusahaan akan terus menambah kemitraan dengan perusahaan sekuritas dari saat ini dengan Sinarmas Sekuritas saja.

“Tidak menutup kemungkinan untuk kita kerja sama dengan sekuritas lain. Kami masih bicara dengan yang lain, sekitar 15 mungkin penambahan mitranya.”

Dalam aplikasi Stockbit, antar pengguna dapat saling berdiskusi dan menganalisa saham, mendapatkan data real time terkait perdagangan saham, berita dari pasar saham, memantau saham yang sedang diincar, dan sebagainya.

Pengguna juga dapat membeli dan menjual saham secara online. Biaya komisi yang dikutip Stockbit mulai dari 0,15%.

Wellson enggan menjelaskan terkait kehadiran Stockbit di Malaysia. Menurut dia, tim masih dalam tahap eksplorasi dan sedang dipelajari, sehingga belum dianggap waktu yang tepat untuk diekspos.

Application Information Will Show Up Here
Application Information Will Show Up Here

DailySocial.id adalah portal berita startup dan inovasi teknologi. Kamu bisa menjadi member komunitas startup dan inovasi DailySocial.id, mengunduh laporan riset dan statistik seputar teknologi secara cuma-cuma, dan mengikuti berita startup Indonesia dan gadget terbaru.

Interview
Artikel Populer
x
Minerva | Maximize
3

Minerva is typing…