Categories

Interview

Storial Berkomitmen Dorong Literasi Membaca, Rilis Layanan Percetakan Buku

Tiap bulannya targetkan cetak satu karya baru. Memiliki 100 ribu karya premium

Marsya Nabila - 16 September 2019

Angka literasi membaca di Indonesia masih rendah. Menurut penelitian UNESCO tahun 2016, Indonesia berada di peringkat ke-60 dari 61 negara dalam menunjukkan kebiasaan membaca. Salah satu kendalanya adalah akses bacaan yang terbatas.

Menanggapi isu tersebut, platform lokal untuk menulis dan membaca secara digital Storial.co menginisiasikan kehadiran Storial Publishing. Ini adalah layanan percetakan buku yang memenuhi syarat terbit setelah dipublikasi dan mendapat engagement tinggi di platform digital Storial.

Chief Content Officer (CCO) Storial.co Brilliant Yotenega, yang akrab dipanggil Ega, menerangkan, kendati berawal dari platform digital, Storial melihat di luar sana masih banyak pembaca di Indonesia yang ingin memiliki buku cetak karya penulis favorit mereka. Alhasil, timbul inisiatif untuk merilis Storial Publishing.

“Sebagai platform lokal, kami melihat pembaca di Indonesia masih banyak yang ingin punya buku cetak karya favorit mereka. Meskipun mereka telah membaca versi digital, mereka ingin mengoleksi buku cetaknya pula,” terang Ega kepada DailySocial.

Dia melanjutkan tidak sembarang karya penulis dapat diterbitkan oleh Storial. Ada sejumlah kurasi, misalnya jumlah komentar pada tiap bab, jumlah pembeli premium chapter, potensi cerita sebagai konten yang layak untuk dinikmati secara bagaimana cara penulis mampu membangun engagement secara stabil.

Setelah itu, diserahkan ke tim editor yang bertugas untuk menyeleksi karya lebih lanjut dengan melihat dari kualitas tulisannya. Untuk monetisasinya, di luar biaya administrasi, pembagian komisi dari setiap proyek adalah 50:50 untuk Storial dan penulis.

“Kami bergerak dari digital ke offline untuk menghadirkan karya-karya yang dipublikasi secara digital agar dapat dinikmati secara fisik. Sebagai penggiat literasi dalam platform digital, kami menemukan banyak karya berkualitas dalam berbagai bentuk tulisan yang sangat layak dibaca.”

Proyek perdana dari Storial Publishing adalah Just You and Me karya Titi Sanaria yang berdomisili di Sulawesi Selatan. Novel ini terpilih karena memiliki engagement tertinggi di Storial sepanjang tahun 2019. Ega menargetkan setidaknya dalam sebulan, Storial dapat menerbitkan satu buku.

“Kami akan tetap menerbitkan buku-buku yang high quality dan tinggi engagement-nya di platform digital Storial. Target kami untuk mencetak paling tidak satu buku per bulannya.”

Seluruh karya yang diterbitkan Storial Publishing akan tersedia tersedia di berbagai toko buku seluruh Indonesia dan ditawarkan dengan harga terjangkau.

Sejak diperkenalkan di 2016, Storial telah memiliki lebih dari 100 ribu penulis dan pembaca dengan jumlah cerita sebanyak 31 ribu judul yang terdiri atas 128 ribu bab. 100 ribu di antaranya buku Premium.

“Storial Publishing diharapkan bisa memberikan alternatif bacaan yang kepopulerannya sudah tervalidasi, untuk masyarakat Indonesia,” pungkas Ega.

Application Information Will Show Up Here

Dailysocial.id is a news portal for startup and technology innovation. You can be a part of DailySocial.id`s startup community and innovation members, download our tech research and statistic reports, and engage with our innovation community.

Sign up for our
newsletter

Subscribe Newsletter