MSME Tutorial

5 Strategi Penetapan Harga dan Manfaatnya untuk Bisnis

Menilik strategi penetapan harga jual produk beserta manfaatnya.

Menetapkan harga jual ternyata tidak bisa dilakukan secara asal. Terdapat beberapa strategi penetapan harga yang bisa diterapkan untuk menghasilkan harga jual dengan keuntungan besar. Tapi, sayangnya, masih banyak bisnis yang belum mengetahui hal ini sehingga tidak menerapkannya.

Untuk Anda yang baru saja akan menetapkan harga jual, jangan sampai hal tersebut terjadi pada Anda. Pahami beberapa strategi penetapan harga berikut ini dan terapkan yang paling sesuai dengan bisnis Anda.

Strategi Penetapan Harga

Strategi penetapan harga atau pricing strategy adalah metode penentuan harga yang digunakan oleh sebuah bisnis atau perusahaan.

Terdapat lima metode yang salah satunya dapat Anda gunakan untuk menentukan harga, antara lain mark up, menetapkan biaya harga plus, berdasarkan pesaing, penetapan BEP, dan berdasarkan permintaan pasar.

Mark Up

Mark up merupakan salah satu metode penetapan harga yang cukup sederhana dengan menggunakan harga pokok produk di awal pembelian sebagai pedomannya.

Dengan begitu, bisnis yang menerapkan metode ini akan selalu melihat kepada harga awal produk untuk kemudian dinaikkan beberapa persen sebagai keuntungan.

Menetapkan Biaya Harga Plus

Metode penetapan harga kedua yang bisa diterapkan untuk bisnis dengan skala kecil hingga besar adalah dengan menetapkan biaya harga plus.

Berbeda dengan mark up, metode ini berpedoman pada keseluruhan biaya yang digunakan untuk membuat suatu produk. Kemudian, untuk menutupi laba, keseluruhan laba tersebut ditambah dengan satuan jumlah tertentu.

Menetapkan Harga Berdasarkan Pesaing

Pillihan strategi penetapan harga lainnya adalah menetapkan harga dengan melihat bisnis kompetitor. Anda dapat melakukan riset mengenai harga jual yang ditetapkan oleh pesaing.

Dengan menerapkan metode ini, Anda dapat menganalisis harga jual yang sekiranya dapat menarik lebih banyak customer dan tetap menguntungkan.

Menetapkan Break Even Point (BEP)

Menentukan harga jual dengan menghitung nilai BEP (break even point) juga bisa menjadi salah satu cara yang bisa Anda gunakan pada bisnis Anda. Untuk pembahasan cara menghitung break even point, Anda bisa melihat selengkapnya di sini.

Berdasarkan Permintaan Pasar

Selain meriset kompetitor, Anda juga bisa menentukan harga dengan meriset langsung pada permintaan pasar. Anda bisa melakukan riset dari feedback yang diberikan konsumen, permintaan harga konsumen, dan bentuk saran lainnya.

Manfaat dari Strategi Penetapan Harga

Mengapa Anda perlu menggunakan strategi dalam menetapkan harga jual? Berikut manfaat yang bisa Anda dapatkan:

  • Bisnis dapat menembus pasar dengan mudah.
  • Meningkatkan nilai dan image brand.
  • Bisnis terbantu untuk mengembangkan produk yang lebih berkualitas.
  • Meningkatkan fokus pada layanan pelanggan.
  • Bisnis dapat memerintahkan poin harga yang tinggi.
  • Mempromosikan loyalitas pelanggan.
  • Membuktikan data kesediaan konsumen membayar yang real.

Itu dia 5 strategi penetapan harga dan manfaat yang bisa didapatkan oleh bisnis Anda. Setelah memahami kelima metode tersebut, pilih satu metode untuk diterapkan pada bisnis Anda dan dapatkan banyak keuntungan.

Header by Pixabay.

Are you sure to continue this transaction?
Yes
No
processing your transaction....
Transaction Failed
Try Again

Sign up for our
newsletter

Subscribe Newsletter