Mendalami Strategi The FIT Company Garap Potensi “Wellness” di Indonesia

Mendalami Strategi The FIT Company Garap Potensi “Wellness” di Indonesia

Aplikasi akan diresmikan Agustus nanti, integrasikan lini produk yang dimiliki
Inovasi teknologi diyakini dapat mendorong penetrasi produk dan layanan wellness di Indonesia / The FIT Company
Inovasi teknologi diyakini dapat mendorong penetrasi produk dan layanan wellness di Indonesia / The FIT Company

Startup yang bergerak di bidang gaya hidup aktif dan sehat The FIT Company beberapa waktu lalu mengumumkan telah mengakuisisi Slim Gourmet, Wellnez Indonesia, dan FITCO. Aksi perusahaan tersebut dilakukan dalam rangka pengembangan ekosistem wellness yang sedang mereka bangun di pasar Indonesia.

Terkait hal tersebut, DailySocial telah berbincang dengan CEO & Co-founder The FIT Company Jeff Budiman. Menurutnya, selain kesamaan visi ketiga startup tersebut memiliki performa bisnis dan tim yang ideal untuk meningkatkan pilar-pilar wellness yang tengah diusung.

“Akuisisi ini kami lakukan secara penuh, artinya tidak terbatas pada pengambilalihan satu entitas saja, namun turut meliputi intellectual property, aset, dan tim yang telah dibangun. Diharapkan dapat menciptakan kolaborasi yang lebih positif. Ketiga startup ini nantinya akan dilebur ke dalam satu ekosistem yang berada di bawah naungan The FIT Company,” ujar Jeff.

Ekosistem wellness di Indonesia

Cakupan sektor wellness cukup luas, secara umum terdiri dari hal-hal terkait dengan gaya hidup sehat. The FIT Company mencoba bermain di sektor itu dengan lini bisnis yang dimiliki, meliputi Kredoaum (distributor alat olahraga), 20FIT (micro-gym), FITSTOP (lifestyle boutique gym), FIT Lokal (makanan rendah kalori), FITmee (mi instan sehat berbahan konyaku), Slim Gourmet (katering sehat premium), dan FITmart (portal penyedia produk kesehatan). Semuanya akan saling terintegrasi melalui inovasi teknologi.

Berbicara tentang ekosistem di Indonesia, Jeff menerangkan tingkat penetrasi olahraga dan fitness yang masih terbilang sangat rendah yaitu hanya mencapai 0,18%. Sementara negara tetangga seperti Singapura sudah mencapai 5,76%. Terlepas dari itu, ia tetap optimis melihat potensi wellness di Indonesia. Terlihat dari makin banyaknya fitness clubs dan gym yang tersedia di kota-kota besar, juga merebaknya gerai-gerai makanan sehat yang semakin banyak digemari oleh masyarakat.

“Hingga kini, tantangan yang kami alami dalam menggarap potensi wellness terletak  dari gaya hidup yang sudah lama mengakar di sebagian besar masyarakat Indonesia. Seperti kurang berjalan kaki dan duduk lebih dari 8 jam dalam sehari. Begitu pun dengan kebiasaan makan masyarakat Indonesia yang kurang memperhatikan asupan nutrisi yang mereka konsumsi,” terang Jeff.

Strategi bisnis ke depan

Di tahun 2019 startup yang didirikan Jeff Budiman dan Prianka Bukit tersebut memiliki sejumlah rencana penting lainnya. Awal Agustus mendatang akan dilakukan rebranding dua pilar utama perusahaan, yakni “move” dan “eats“.

“Dari pilar move, kami berencana untuk menggabungkan 20FIT dengan FITSTOP. Sementara untuk pilar eats, kami akan menggabungkan FIT Lokal dan Slim Gourmet. Penggabungan beberapa brand ini kami lakukan agar dapat memberikan pilihan layanan yang lebih beragam dan lebih memudahkan para pelanggan,” terang Jeff.

Di waktu bersamaan, nantinya The FIT Company juga akan meluncurkan aplikasi mereka ke publik. Bernama FITCO (singkatan dari FIT Company), aplikasi ini akan menjadi platform yang mampu menyediakan layanan berbasis ekosistem wellness yang kami miliki.

“Untuk saat ini, layanan kami masih terpusat di kota besar dengan tingkat kepadatan yang tinggi seperti wilayah Jabodetabek. Namun ke depannya, kami berharap agar layanan kami dapat dinikmati di seluruh wilayah di Indonesia,” sambung Jeff.

Penggalangan dana lanjutan turut menjadi agenda yang tengah dimatangkan untuk mengakselerasi bisnis. Terkait dengan hal itu Jeff berujar, “Dengan rencana dan tujuan besar yang ingin kami capai, tentunya fundraising menjadi salah satu langkah penting yang masih kami lakukan. Saat ini, kami sedang berada dalam tahap diskusi dengan beberapa pihak yang memiliki visi yang sama dengan yang kami bawa di The FIT Company.”

DailySocial.id adalah portal berita startup dan inovasi teknologi. Kamu bisa menjadi member komunitas startup dan inovasi DailySocial.id, mengunduh laporan riset dan statistik seputar teknologi secara cuma-cuma, dan mengikuti berita startup Indonesia dan gadget terbaru.

Interview
Artikel Populer
x
Minerva | Maximize
3

Minerva is typing…