Game

Street Fighter V Diumumkan

Sesuai janji presiden Shuhei Yoshida pada momentum ulang tahun PlayStation ke-20 minggu kemarin, Sony mengadakan sebuah ajang besar tahunan pertama di Los Angeles bernama PlayStation Experience. Di sana, belasan permainan baru diungkap, sekaligus update info teranyar soal PlayStation 4. Namun sebuah game tampak menonjol dibanding judul-judul lain.

Melalui trailer unik bertema retrospective, Capcom menyingkap penerus seri permainan ber-genre fighting legendaris mereka. Dengan karakter-karakter klasik familiar, Street Fighter V diumumkan. Sebelum menjerit terlalu girang, ada baiknya Anda menyaksikan video announcement berjudul Rise Up-nya terlebih dulu. Menurut saya, trailer ini sangat menarik karena berbeda dari pengumuman game biasa.

Tak cuma sekedar memamerkan grafis ataupun CG, di sana Sony memperlihatkan dampak Street Fighter terhadap budaya populer di dunia. "Antusiasme ialah alasan mengapa kami memilih apa yang kami lakukan. Ia dapat mengubah permainan; menjadi kekuatan pendorong bagi kami, bagi para seniman, para pejuang, dan para visioner," tutur Sony dalam video itu.

 

Info menarik: Inilah PlayStation 4 Edisi Ulang Tahun ke-20

 

Cuplikan Street Fighter V-nya sendiri sebenarnya hanya berjalan beberapa detik. Untungnya Capcom telah menyiapkan trailer lain. Meski sama-sama singkat, setidaknya kini kita dapat menyaksikan lebih jelas seperti apa Street Fighter V. Seluruh video diambil dari porsi gameplay work in progress, mengadu Ryu dan Chun-Li. Saksikan di bawah.

Di akhir video, ada tulisan pendek yang menjelaskan bahwa Street Fighter V merupakan 'game console eksklusif PlayStation 4'. Namun silakan simak kembali trailer Rise Up, di sana tertulis Street Fighter adalah judul eksklusif untuk PS4 dan PC. Menariknya lagi, Capcom menjanjikan fitur cross-platform yang memungkinkan gamer di kedua platform untuk saling baku hantam (secara virtual, bukan secara langsung).

Baik pihak Sony dan Capcom belum menjelaskan lebih rinci bagaimana cara mereka mengusung kemampuan cross-platform tersebut, termasuk fitur-fitur baru lain dan detail tanggal rilis. Tapi melihat pengalaman sebelumnya, ada kemungkinan mereka akan memanfaatkan platform distribusi populer buatan Valve. Street Fighter IV dan Ultra Street Fighter IV dipasarkan via Steam, dan kita tahu, Steam juga bisa terhubung ke akun PlayStation Network.

Sumber: Blog PlayStation.

Are you sure to continue this transaction?
Yes
No
processing your transaction....
Transaction Failed
Try Again

Sign up for our
newsletter

Subscribe Newsletter