17 December 2018

by Ayyub Mustofa

Street Fighter V Season 4 Dibuka dengan Kehadiran Karakter Baru, Kage

Pada dasarnya Kage adalah sama dengan Evil Ryu, hanya beda di segi cerita saja

Kejuaran tertinggi Street Fighter, Capcom Cup 2018, telah berakhir. Gachikun dari Jepang keluar sebagai juara setelah mengalahkan Itabashi Zangief dengan karakter andalannya, Rashid the Turbulent Wind. Setelahnya, seperti biasa Yoshinori Ono naik ke atas panggung. Produser Street Fighter V yang terkenal sangat menyukai karakter Blanka itu memberi sebuah pengumuman bagi para penggemar.

Bila Anda masih ingat, tahun lalu Capcom membuat kehebohan karena langsung mengumumkan enam karakter baru sekaligus. Namun kali ini mereka tampaknya sedikit menahan diri. Sebagai pembuka tahun 2019 yang juga merupakan Season 4 dari Street Fighter V, Capcom hanya mengumumkan satu karakter baru, yaitu Kage.

Sekilas Kage sangat mirip dengan Evil Ryu. Bahkan, bila Anda menonton langsung pengumuman pertamanya, mungkin Anda tidak akan menyangka bahwa ternyata dia adalah karakter baru. Selama ini kita kenal Evil Ryu sebagai wujud jahat dari Ryu yang telah teracuni oleh kekuatan Satsui no Hado. Akan tetapi, sebetulnya Evil Ryu tidak pernah masuk ke dalam cerita canon Street Fighter. Ia hanya skenario “what if”, seperti apa jadinya bila Ryu gagal melawan godaan kekuatan jahat dalam dirinya.

Di Street Fighter V kali ini, dikisahkan bahwa Ryu berhasil menolak Satsui no Hado dan meredamnya dengan bantuan The Power of Nothingness (Mu no Ken). Namun ternyata kekuatan itu memberontak keluar, membentuk wujud fisik sebagai petarung manusia. Dialah Kage, personifikasi Satsui no Hado sekaligus bayangan dari Ryu. Nama “Kage” sendiri dalam bahasa Jepang berarti “bayangan”.

Kage, mirip Evil Ryu tapi berbeda | Sumber: Capcom

Kage memiliki beberapa gerakan yang mirip dengan Ryu, dua yang paling jelas adalah gerakan Shoryuken dan Hadoken. Bedanya, Hadoken milik Kage tidak memunculkan proyektil bila dilakukan di darat, melainkan pukulan energi jarak dekat saja. Ini artinya Kage berbeda dengan karakter tipe shoto lainnya yang bisa melakukan zoning dengan mudah. Alih-alih ahli proyektil, Kage justru lebih fokus pada serangan jarak dekat dengan combo dan damage mematikan.

Kage juga tidak memiliki gerakan Tatsumaki Senpu Kyaku (tendangan berputar). Sebagai gantinya ia memiliki tendangan kuat yang disebut Kurekijin. Ia juga memiliki tendangan Ryusokyaku (axe kick), serupa dengan Evil Ryu di Street Fighter IV.

V-Skill milik Kage | Sumber: Capcom

V-Skill milik Kage adalah pukulan kuat yang memiliki kekebalan, mirip dengan Focus Attack di Street Fighter IV. Sementara itu V-Trigger I yang disebut Taigyaku Mudo memberikan keahlian teleportasi (Ashura Senku) seperti Akuma, namun lebih cepat dan dapat digunakan di udara! Ya, Kage adalah karakter yang sangat berpusat pada combo, termasuk air combo yang sebetulnya bukan ciri khas seri Street Fighter.

Ashura Senku versi Kage dapat dilakukan di udara | Sumber: Capcom

V-Trigger II miliknya yang disebut Rikudo Osatsu adalah serangan yang sangat menakutkan. Kage melakukan teleportasi ke atas musuh, lalu melancarkan pukulan kuat ke darat. Teleportasi ini bisa dilakukan kapan saja, termasuk di udara, dan dapat menyerang musuh yang sedang terjatuh (off the ground). V-Trigger II juga memberi akses ke jurus Shun Goku Satsu (Raging Demon) seperti Akuma. Bedanya, Kage dapat mengeluarkan Shun Goku Satsu di tengah combo! Capcom menyebut Kage sebagai seorang “glass cannon”, dan tampaknya ia memang memiliki potensi combo yang cukup mengerikan.

Mirip seperti V-Trigger I milik Akuma, tapi lebih fleksibel | Sumber: Capcom

Kage sudah bisa dimainkan mulai hari ini. Anehnya, Capcom tidak merilis Season Pass seperti biasanya. Menurut Andy Wong di situs Capcom-Unity, mereka akan “mencoba sesuatu yang baru” di Season 4 ini, entah apa yang dimaksud. Kage dapat Anda beli secara standalone dengan harga US$5,99 atau dengan Fight Money senilai 100.000 FM.

Sumber: Capcom-Unity