Categories

Otomotif

Subaru Gunakan Teknologi Pengenal Wajah untuk Mendeteksi Pengemudi yang Mengantuk

Begitu terdeteksi, sistem driver assist akan langsung aktif dengan sendirinya

Glenn Kaonang - 3 April 2018

Kita semua tahu bahwa salah satu penyebab kecelakaan lalu lintas adalah pengemudi yang mengantuk atau kelelahan. Peluang terjadinya insiden tersebut semakin meningkat ketika menempuh jarak yang cukup jauh, namun Subaru tampaknya sudah menyiapkan solusi yang cukup efektif untuk menangani problem tersebut.

Solusi yang dimaksud adalah sistem bernama DriverFocus, yang memanfaatkan teknologi pengenal wajah (facial recognition) untuk mengidentifikasi tanda-tanda pengemudi yang kelelahan atau yang teralihkan perhatiannya. Sistem ini nantinya bakal tersedia pada varian termahal SUV Subaru Forester (Touring) edisi terbaru, yang diperkenalkan baru-baru ini di ajang New York Auto Show.

Ketika sistem berhasil mendeteksi pengemudi yang mengantuk, maka mobil secara otomatis akan mengaktifkan sistem driver assist bawaan yang bernama EyeSight. EyeSight bukanlah sistem semi-otomatis seperti Tesla Autopilot, akan tetapi masih cukup membantu berkat fitur-fitur seperti adaptive cruise control, lane assist dan lane departure warning, serta yang paling penting, pengereman otomatis alias pre-collision braking.

Subaru bilang bahwa DriverFocus bisa mengenali sampai lima pengemudi yang berbeda selagi mengingat-ingat pengaturan posisi jok, suhu kabin, display multifungsi dan lain sebagainya yang ditetapkan oleh masing-masing pengemudi. Fitur ini sejatinya membuat Forester amat ideal dijadikan mobil keluarga.

Subaru memang bukan yang terdepan soal sistem kemudi otomatis, tapi setidaknya inovasi seperti ini bisa membantu mengurangi angka kecelakaan lalu lintas selagi kita mengejar skenario masa depan di mana tidak ada lagi kecelakaan yang diakibatkan user error, sebab semuanya dapat bergerak dengan sendirinya dan berkoordinasi satu sama lain.

Sumber: Engadget dan Subaru.

Are you sure to continue this transaction?
Yes
No
processing your transaction....
Transaction Failed
Try Again

Dailysocial.id is a news portal for startup and technology innovation. You can be a part of DailySocial.id`s startup community and innovation members, download our tech research and statistic reports, and engage with our innovation community.

Sign up for our
newsletter

Subscribe Newsletter