Categories

Internet

Subscribe with Google Permudah Proses Berlangganan Media Publikasi Online

Satu akun Google untuk berlangganan dan mengakses beberapa media publikasi online berbayar sekaligus

Glenn Kaonang - 21 March 2018

Tidak semua media publikasi online menawarkan konten secara cuma-cuma, Wall Street Journal contoh paling gampangnya. Membayar demi berlangganan konten berita premium sebenarnya sudah biasa kita lakukan sejak zaman media cetak masih mendominasi. Kendati demikian, cara kerjanya sedikit berbeda di era digital ini.

Kalau berlangganan koran, kita hanya perlu menunggu kiriman yang datang setiap hari ke alamat masing-masing. Di media online, pelanggan harus masuk menggunakan akunnya masing-masing sebelum bisa mengakses konten eksklusif. Beda media, tentu saja beda akun.

Sebenarnya tidak akan ada masalah andai hanya berlangganan di satu media online, tapi ketika ada beberapa, terkadang konsumen bisa kelimpungan mengingat-ingat satu akun dari yang lainnya. Beruntung Google sudah menyiapkan solusinya, lewat sebuah inisiatif bernama Subscribe with Google.

Inisiatif ini sederhananya memungkinkan kita untuk berlangganan pada media publikasi online menggunakan akun Google masing-masing. Tinggal pilih paket berlangganan yang diinginkan (bulanan atau tahunan misalnya), lalu biarkan Google yang mengurus sisanya.

Pembayarannya memanfaatkan informasi kartu kredit yang sudah tersimpan di akun Google masing-masing, akun yang sama yang biasa kita gunakan untuk membeli aplikasi, film atau buku dari Google Play. Setelahnya, konsumen bisa mengakses media pilihannya menggunakan akun Google.

Jadi, selama Anda sudah masuk menggunakan akun Google di browser, Anda bisa langsung menikmati konten eksklusif yang ditawarkan media-media online di mana Anda merupakan pelanggan, tanpa harus repot-repot login di setiap situs.

Keuntungan lainnya, Google juga bisa menyoroti konten yang berasal dari media di mana Anda berlangganan pada hasil pencarian berita. Fitur ini pun juga berlaku untuk media di mana Anda sudah menjadi pelanggan sejak lama dan bukan melalui Subscribe with Google.

Untuk sekarang, Subscribe with Google baru tersedia untuk sejumlah media publikasi luar saja, seperti Financial Times, Telegraph, New York Times, USA Today, Washington Post, Fairfax Media, dan lainnya. Ke depannya jumlahnya dipastikan bakal bertambah, dan semoga media-media online lokal juga tertarik memanfaatkan solusi praktis ini.

Sumber: Google.

Dailysocial.id is a news portal for startup and technology innovation. You can be a part of DailySocial.id`s startup community and innovation members, download our tech research and statistic reports, and engage with our innovation community.

Sign up for our
newsletter

Subscribe Newsletter