Categories

Gadget

Gelang Ini Gunakan Sistem Sonar untuk Bantu Kaum Tuna Netra Bernavigasi

Bisa digunakan tanpa smartphone dan sanggup mendeteksi objek bergerak seperti pejalan kaki

Glenn Kaonang - 9 August 2017

Teknologi eksis untuk membantu memudahkan hidup umat manusia, termasuk halnya kaum difabel. Belum lama ini, Microsoft meluncurkan aplikasi yang bertindak sebagai narator untuk kaum tuna netra. Aplikasi ini tentunya tak bisa membantu mereka bernavigasi. Untuk itu, dibutuhkan inovasi teknologi lain seperti berikut.

Namanya Sunu Band, dan ia merupakan sebuah gelang pintar yang dilengkapi sistem sonar guna membantu pengguna yang memiliki gangguan penglihatan selama berjalan atau mungkin mendaki gunung. Sonar, bagi yang tidak tahu, adalah sistem navigasi yang biasa digunakan oleh kapal selam.

Cara kerjanya begini: Sunu akan memancarkan gelombang ultrasonik yang dapat memantul dari suatu objek dan kembali ke sensor milik perangkat. Dari situ Sunu akan mendeteksi seberapa kuat pancaran gelombang yang terpantul, lalu menerjemahkannya menjadi getaran yang akan menguat atau melemah tergantung seberapa jauh posisi objek dari penggunanya – maksimal sampai 4,2 meter.

Istimewanya, Sunu bisa beroperasi tanpa perlu disambungkan ke smartphone sama sekali. Pengembangnya memang menyediakan aplikasi pendamping, tapi fungsinya untuk sekarang hanyalah untuk mengatur seberapa sensitif getaran yang dihasilkan perangkat. Baterainya sendiri diklaim bisa bertahan sampai empat jam penggunaan.

Berbicara kepada MIT Technology Review, salah satu cofounder Sunu, Fernando Albertorio yang secara hukum dikategorikan tuna netra, mengaku ia jadi lebih percaya diri bernavigasi dan bisa bergerak lebih cepat sejak menggunakan Sunu. Fernando juga bilang kalau ia bisa mengikuti lomba lari 5 km maupun kegiatan hiking berkat bantuan Sunu.

Contoh lainnya, Fernando bisa menemukan celah antara dua objek, pintu misalnya. Dia bahkan bisa menemukan tombol lampu penyeberangan di perempatan. Lebih lanjut, Sunu juga mampu mendeteksi objek yang bergerak, seperti misalnya pejalan kaki lain yang bergerak menjauh atau mendekati penggunanya.

Sunu saat ini sudah menerima pre-order seharga $249, $50 lebih murah dari harga retail-nya. Sayang sekali sejauh ini Sunu baru berencana memasarkannya di Amerika Serikat dan Meksiko saja.

Sumber: Wareable.

Dailysocial.id is a news portal for startup and technology innovation. You can be a part of DailySocial.id`s startup community and innovation members, download our tech research and statistic reports, and engage with our innovation community.

Sign up for our
newsletter

Subscribe Newsletter