Categories

Gadget

SupaBoy SFC Ialah Console Super Nintendo Dalam Wujud Handheld

Perangkat ini bisa menyajikan game secara mandiri tanpa perlu terhubung ke televisi.

Yoga Wisesa - 15 May 2018

Nintendo adalah satu dari sedikit produsen perangkat game handheld yang masih bertahan di tengah agresifnya gempuran permainan mobile. Bahkan karena handheld gaming telah menjadi identitas sang perusahaan hiburan asal Jepang, konsep ini diimplementasikan dalam perancangan Nintendo Switch yang merupakan hybrid antara home console dengan device game portable.

Namun karena tidak mendukung disc dan absenya fitur backward compatibility ke 3DS dan Wii U, Switch mungkin bukanlah sistem favorit pecinta permainan retro. Nintendo memang telah menyediakan NES dan SNES Classic Edition, tapi kedua produk itu tidak bisa dinikmati secara mobile. Solusi atas keterbatasan ini diberikan oleh satu brand third-party bernama Hyperkin melalui perangkat SupaBoy SFC.

Sederhananya, SupaBoy SFC adalah Super Nintendo Entertainment System berwujud handheld. Dalam perancangan produk, Hyperkin benar-benar berpedoman pada desain aksesori Nintendo. SupaBoy SFC mempunyai penampilan seperti versi besar dari gamepad SNES dengan bagian pinggir bundar. Uniknya, perangkat ini bisa menyajikan game secara mandiri tanpa perlu terhubung ke televisi.

Hyperkin SupaBoy SFC memiliki tubuh berdimensi 280x203x76-milimeter dan berat 930-gram. Di bagian tengah, Anda disuguhkan layar LCD seluas 4,3-inci dengan aspek rasio yang bisa berubah antara 4:3 dan 16:9. Di sampingnya, Anda akan menemukan layout kendali familier: directional pad di kiri dan action button A-B-X-Y di kanan. Hyperkin memindahkan fungsi Start dan Select ke kiri atas, dekat D-Pad; lalu menyediakan sepasang trigger button di area telunjuk.

Selain itu, SupaBoy SFC juga dibekali oleh speaker stereo dan port audio. Anda turut dipersilakan menyambungkan controller Super Nintendo di sana untuk menikmati permainan lawas bersama seorang kawan lagi, memanfaatkan SupaBoy SFC seperti memakai home console standar. Ia kompatibel ke televisi berlayar 19:6, tersambung melalui kabel analog AV out.

Dan berkat kehadiran SupaBoy SFC, koleksi cartridge game yang begitu Anda sayangi (dan mungkin sudah berdebu) bisa berguna kembali. Perangkat ini mempunyai slot untuk tempat memasukkan cartridge di sisi atas. Selanjutnya, SupaBoy SFC ditenagai oleh unit baterai Li-Ion rechargeable yang menjanjikan sesi gaming selama 10 jam non-stop.

SupaBoy SFC sudah bisa dipesan di situs Hyperkin atau Amazon, bisa dimiliki cukup dengan mengeluarkan uang US$ 100.

Di Amazon, Hyperkin SupaBoy SFC dibanderol di harga yang setara dengan SNES Classic Edition. Kini pertanyaannya adalah: apakah Anda lebih memilih produk asli Nintendo, atau perangkat third-party yang siap mendukung cartridge?

Dailysocial.id is a news portal for startup and technology innovation. You can be a part of DailySocial.id`s startup community and innovation members, download our tech research and statistic reports, and engage with our innovation community.

Sign up for our
newsletter

Subscribe Newsletter