Categories

Gadget

Superbook Ubah Smartphone Menjadi Laptop dalam Sekejap

Selama ponsel mendukung fitur USB OTG, Superbook siap menjalankan tugasnya

Glenn Kaonang - 28 July 2016

Peningkatan performa smartphone yang begitu pesat dari tahun ke tahun membuat kita bertanya-tanya apakah smartphone bisa benar-benar menggantikan laptop. Soal performa sebenarnya tidak ada masalah, yang kerap menjadi masalah adalah ukuran layar yang terlampau kecil untuk bisa mengakomodasi sesi produktif.

Jadi intinya kita tetap membutuhkan laptop? Jawabannya tergantung situasi, tapi sekarang setidaknya ada solusi lain yang jauh lebih terjangkau ketimbang membeli sebuah laptop baru. Namanya Superbook, dan tugasnya adalah 'menyulap' ponsel Anda menjadi laptop.

Superbook bisa dikatakan sebagai laptop 'tanpa isi'. Semua proses komputasi diatasi oleh smartphone yang terhubung via sambungan USB – Type-C ataupun micro, selama ponsel mendukung fitur USB OTG, kemungkinan besar ia kompatibel dengan Superbook. Kendati demikian, Superbook masih mengemas sejumlah komponen yang mustahil disematkan ke ponsel, yaitu layar HD 11,6 inci, keyboard fisik dan multitouch trackpad.

Superbook siap menjalankan hampir semua aplikasi dari Google Play Store / Andromium

Saat ponsel tersambung ke Superbook, seketika itu juga aplikasi pendamping bernama Andromium OS akan dijalankan – Anda tetap harus mengunduhnya lebih dulu sebelumnya. Aplikasi ini sejatinya merupakan sistem operasi mini yang menyajikan tampilan desktop yang optimal untuk layar 11,6 inci milik Superbook.

Dengan demikian, aktivitas browsing atau mengerjakan dokumen bisa terasa seperti menggunakan laptop yang sebenarnya. Superbook diklaim memiliki baterai yang dapat bertahan hingga delapan jam nonstop, dan menariknya, ponsel akan di-charge selama ia tersambung ke Superbook.

Saat ini pengembangnya tengah menjalani kampanye crowdfunding Superbook di Kickstarter. Harga yang dipatok cuma $99, sangat terjangkau apalagi jika mempertimbang fungsionalitasnya.

Dailysocial.id is a news portal for startup and technology innovation. You can be a part of DailySocial.id`s startup community and innovation members, download our tech research and statistic reports, and engage with our innovation community.

Sign up for our
newsletter

Subscribe Newsletter