11 April 2017

by Yoga Wisesa

Superscreen Adalah Layar Wireless Tambahan Buat Smartphone Anda

Perangkat ini memanfaatkan teknologi baru yang bisa memindahkan data lebih cepat dari Wi-Fi.

Bagi mayoritas orang, layar smartphone adalah jendela utama untuk berinteraksi secara digital. Pengembangannya berbanding lurus dengan kian canggihnya handset. Saat ini sudah bukan hal aneh jika produsen menawarkan display beresolusi di atas full-HD, meski sebetulnya ukuran panel tidak terlalu luas. Tapi jika lebih lebar lagi, portabilitas perangkat tentu akan berkurang.

Transcendent Designs punya solusi pintar sehingga kita tidak perlu berkutat dengan kecilnya layar saat mengakses konten hiburan dari smartphone. Lewat Kickstarter, developer dari Kalifornia itu memperkenalkan Superscreen, yaitu layar sekunder untuk handset dengan ukuran panel yang lebih lebar. Pemakaiannya sesederhana menggunakan smartphone, tanpa perlu proses sinkronisasi ke cloud, setting khusus, ataupun menambah kuota internet.

Sekilas, Superscreen mempunyai penampilan seperti tablet. Ada disuguhkan panel seluas 10,1-inci, mampu menghidangkan konten di resolusi maksimal full-HD. Di sana ada kamera depan (2Mp), kamera belakang (5Mp), tombol navigasi hingga tombol pengaturan volume, lalu Superscreen juga siap mendukung stylus. Superscreen berdimensi 172,47x241,8x7,87mm, dilengkapi jack audio 3,5mm dan port USB type-C.

Penyajian dan fitur-fiturnya betul-betul mirip tablet, ditambah dengan beragam kapabilitas yang bisa dilakukan oleh smartphone kesayangan Anda. Saat Anda menggeser layar di Superscreen, display handset juga akan bergerak. Dan buat proses pengesahan, perangkat turut dibekali sensor pemindai jari. Kabarnya, device dapat menghemat konsumsi daya smartphone hingga 70 persen (Superscreen sendiri menyimpan baterai 6.000mAhr).

Superscreen mampu memperbesar tampilan handset secara sempurna. Isinya tidak ada yang terpotong maupun jadi blur. Ia memberikan Anda kendali penuh terhadap device, apapun sistem operasinya, layaknya ekstensi dari handset utama. Dengannya, Anda bisa bermain-main di sosial media, menyaksikan video, menjelajahi internet, berbelanja online, menulis atau membalas email, membuka aplikasi map, melakukan video chat, serta mengolah dokumen dan blogging.

Setup Superscreen sangat simpel. Anda cukup mengunduh app companion di smartphone, lalu aktifkan fungsi sinkronisasi. Selanjutnya, layar sentuh tambahan tersebut dapat segera bekerja. Rahasia kemampuan Superscreen terletak pada aspek konektivitasnya. Perangkat ini memanfaatkan teknologi baru yang bisa memindahkan data lebih cepat dari Wi-Fi, mampu mencakup jarak hingga 30 meter.

Konsep unik ini tampaknya membuat kampanye crowdfunding Superscreen berlangsung lancar. Awalnya menargetkan US$ 50 ribu, Transcendent Designs berhasil mengumpulkan modal US$ 2 juta lebih. Di situs Kickstarter, Superscreen dapat Anda pesan seharga US$ 120.