DScovery

3 Contoh Surat Lamaran Kerja Bidang Marketing

Simak contoh dan tips membuat surat lamaran kerja bidang marketing supaya menarik perhatian recuriter.

Kamu bisa melihat contoh CV lamaran kerja di sini. Di dalamnya, kamu akan menemukan beragam contoh untuk membuat CV marketing berbahasa Indonesia. Kamu juga bisa memodifikasinya menggunakan Bahasa Inggris untuk menambah nilai plus.

Marketing merupakan salah satu bidang penting dalam perusahaan, tak terkecuali perusahaan startup. Dengan sifat startup yang berupa rintisan dan butuh tahap pengembangan, marketing menjadi bagian yang punya peran krusial bagi startup untuk bertahan.

Keberadaan startup yang semakin menjamur di Indonesia membuat pekerjaan ini semakin menjanjikan. Buat kamu yang memimpikan bekerja di startup, kamu bisa mencoba menekuni pekerjaan di bidang marketing.

Selain belajar marketing, kamu juga harus mampu meloloskan dirimu di seleksi pekerjaan. Dalam artian, kamu harus bisa menguasai cara menulis curriculum vitae (CV) dan surat lamaran kerja dengan baik.

Lantas bagaimana surat lamaran kerja untuk marketing yang baik? Coba perhatikan contoh-contoh di bawah ini.

Contoh Surat Lamaran Kerja untuk Marketing Bahasa Indonesia

Yth. HRD PT. Creative Agency di Yogyakarta

Dengan Hormat,

Berdasarkan informasi di akun media sosial Creative Agency, perusahaan Bapak/Ibu sedang membuka lowongan untuk posisi staf Marketing. Dengan ini saya bermasud untuk mengajukan diri dan mengisi posisi tersebut.

Berikut adalah identitas saya :

Nama : Jeremy Siahaan Alamat : Jl. Kaliurang Gg. Pogung Lor, No. 8 Sleman, Yogyakarta Pendidikan Terakhir : S1 Ekonomi Bisnis Universitas Atma Jaya No. Handphone : 0891 2345 6789 Email : jeremysiahaan@gmail.com

Saya adalah seorang lulusan S1 Ekonomi Bisnis Universitas Atma Jaya dengan predikat Cumlaude. Saya telah berpengalaman serta menguasai digital marketing, email marketing, search engine marketing (SEM) selama mengikuti magang di PT. Jalin Kasih dalam kurung waktu 1 tahun.

Saya merupakan seseorang yang bermotivasi tinggi untuk berkembang serta mampu bekerja di bawah tekanan dengan baik. Oleh karena itu, dengan pengalaman serta karakter yang saya miliki, saya yakin bahwa saya kandidat yang tepat untuk posisi ini.

Adapun berkas saya lampirkan sebagai bahan pertimbangan sebagai berikut :

  1. Curriculum Vitae (CV)
  2. Fotokopi Ijazah dan Transkrip Nilai Terakhir
  3. Sertifikat Pelatihan
  4. Pas Foto 3x4

Demikian surat lamaran kerja ini saya ajukan, besar harapan dan keinginan saya agar Bapak/Ibu memberikan kesempatan untuk dapat menempati posisi tersebut. Atas perhatiannya saya ucapkan banyak terima kasih.

Hormat Saya

Jeremy Siahaan

Contoh Surat Lamaran Kerja untuk Marketing Bahasa Inggris dan Artinya

Mr. Soebono HRD of Silverking Agency District Hanoman, Semarang City

Dear Mr. Soebono,

Based on the advertising on LinkedIn posted on September 20, 2021 about the job as Marketing Staff in your company, I would like to apply to fill the position. I am as undersigned:

Name: Atikah Hasibuan Address: Jl. Sariayu, No. 87, Gending, Semarang, Jawa Tengah Education: Bachelor’s Degree of Business Management of Universitas Diponegoro Phone Number: 089643271877 Email: atikahhasibuan@gmail.com

Believe that I am perfect for this job as my education, skills, and experience are match for the requirements needed. During my intern in Bukalapak, I have helped developed a campaign to boost sales that increases sales figures by Rp 400 million. I also contributed in improving Bukalapak’s annual revenue by 30%.

I am recognized for my eagerness to learn something new and my high communication skills, especially those related to make what client’s need based on our budget. I hope to hear from you soon as we discuss about the qualifications of the job and my experience in detail.

Sincerely,

Atikah Hasibuan

Versi Bahasa Indonesia

Soebono HRD Silverking Agency Kecamatan Hanoman, Kota Semarang

Dengan hormat,

Berdasarkan iklan di LinkedIn yang diunggah pada tanggal 20 September 2021 tentang pekerjaan sebagai Staf Pemasaran di perusahaan Anda, saya ingin melamar untuk mengisi posisi tersebut. Saya yang bertanda tangan di bawah ini:

Nama : Atikah Hasibuan Alamat: Jl. Sariayu, No.87, Gending, Semarang, Jawa Tengah Pendidikan: S1 Manajemen Bisnis Universitas Diponegoro Nomor Telepon: 089643271877 Email: atikahasibuan@gmail.com

Percaya bahwa saya layak untuk pekerjaan ini karena pendidikan, keterampilan, dan pengalaman saya sesuai dengan persyaratan yang dibutuhkan. Selama magang di Bukalapak, saya telah membantu mengembangkan kampanye untuk meningkatkan penjualan yang meningkatkan angka penjualan sebesar Rp 400 juta. Saya juga berkontribusi dalam meningkatkan pendapatan tahunan Bukalapak sebesar 30%.

Saya terkenal sebagai seseorang yang semangat untuk mempelajari hal baru dan memiliki keterampilan komunikasi yang mumpuni, terutama yang berkaitan dengan membuat apa yang dibutuhkan klien berdasarkan anggaran kami. Saya berharap untuk mendengar dari Anda segera setelah kita membahas tentang kualifikasi pekerjaan dan pengalaman saya secara rinci.

Hormat saya,

Atikah Hasibuan

Tips Membuat Surat Lamaran Kerja Bidang Marketing agar Dilirik Recruiter

Membuat surat lamaran kerja di bidang maketing tak jauh beda dengan pekerjan lainnya. Hanya saja, kamu perlu mengikuti beberapa tips ini agar surat lamaran kerjamu terlihat menawan dan semakin kredibel.

  1. Sebutkan penerima surat

Mengetahui nama recruiter memang bukan hal wajib. Tapi, menyebutkan nama recruiter juga bukan hal buruk. Hal tersebut justru akan memperlihatkan keseriusanmu melalukan riset mendalam terhadap posisi yang akan kamu lamar.

Kalau kamu tidak terlalu familiar dengan perusahaannya, kamu bisa mencari tahu nama recruiter melalui laman resmi perusahaan di kategori “About Us”. Voila! Dengan secuil informasi ini, kamu sudah bisa membuat recruiter terkesan.

  1. Sisipkan istilah-istilah marketing

Recruiter akan semakin terkesan jika penyampaian pesanmu dipenuhi dengan pengetahuanmu akan pekerjaan yang kamu lamar. Misalnya dengan menyebut istilah-istilah marketing seperti manage, organize, improve, plan, increase.

Atau istilah yang berhubungan dengan pekerjaan seperti email marketing, digital marketing, search engine marketing (SEM). Tunjukkan kalau kamu kandidat yang berwawasan!

  1. Sebutkan pengalamanmu dengan angka

Bragging atau memamerkan wawasanmu dengan istilah masih belum cukup. Kamu juga harus menceritakan pengalamanmu dengan presisi. Salah satu caranya adalah dengan menyebutkan pencapaianmu dengan angka.

Angka dan statistik sendiri merupakan karakter paling tampak dalam tulisan. Mata recruiter sudah pasti akan penasaran dan melirik angka ini. Di sinilah, kamu bisa menggambarkan kualitasmu yang sebenarnya.

Contoh:

  • Mengawasi konten media sosial untuk kampanye #JalinanKasi dan mendapatkan lebih dari 100 ribu engagements berupa comment, like, dan share dan berhasil meraup 10 ribu pengikut untuk dalam rentang tiga bulan.
  • Melaporkan KPI marketing dan kampanye di media sosial dan berhasil meningkatkan hasil pencarian hingga 25% di Google.
Are you sure to continue this transaction?
Yes
No
processing your transaction....
Transaction Failed
Try Again

Sign up for our
newsletter

Subscribe Newsletter