Dark
Light

Microsoft Siapkan Surface Pro 2, Tablet Penerus Surface Pro Dengan Prosesor Haswell

1 min read
September 5, 2013

Walaupun mendapatkan perlawanan brutal dari teknologi layar sentuh, sepertinya keyboard dan touchpad masih menjadi pilihan pengguna untuk fungsi produktif.

Microsoft mencoba mengkombinasi semua ini dengan merilis Surface Pro di bulan Januari, tapi sayang pasar meresponnya dengan dingin. Microsoft tidak mau menyerah begitu saja, mereka ingin mencobanya lagi dengan Surface Pro 2.

Sama seperti pendahulunya, tablet fleksibel ini diusung dengan performa laptop dengan kemampuan serba guna sebuah tablet. Keyboard dan stylus tetap akan Microsoft bundel bersamanya, namun kali ini mereka membawa permainan ke tingkat yang lebih tinggi. Beberapa teknologi dan eksklusif telah mereka siapkan untuk Surface Pro 2.

Tentu saja sebagai produk andalan yang dikeluarkan Microsoft, ia nanti akan dipersenjatai dengan sistem operasi Windows 8.1, dan dari informasi yang ditulis oleh NeoWin, Surface baru ini didukung hardware yang tidak kalah canggih. Anda mendapatkan prosesor berarsitektur terbaru dari Intel, Core i5 berbasis Haswell dan RAM hingga 8GB. Sayangnya belum ada informasi detail tentang spesifikasi perangkat keras yang lain, bahkan kita juga belum tahu berapa kapasitas penyimpanan yang dimilikinya.

Surface Pro 2 tampaknya akan memiliki penampilan yang tidak jauh dari sang pendahulu, Microsoft menambahkan bahwa mereka telah ‘memperbarui’ desain kaki tempat layar bersandar. Hingga saat ini belum ada gambar jelas seperti apa Surface Pro 2. Dua perombakan terbesar yang saling berhubungan dalam device ini adalah prosesor Haswell dari Intel dan daya tahan baterai, dengan konsumsi daya yang lebih sedikit maka baterai juga akan tahan lebih lama. Dan kita semua tahu, daya tahan baterai yang minim merupakan salah satu kelemahan terbesar Surface Pro sebelumnya.

Kelemahan lain pada pendahulunya adalah bobot. Dengan memadatkan berbagai macam hardware berperforma notebook, akhirnya berat Surface Pro bertambah – jauh lebih berat dari tablet. Jika mobilitas merupakan salah satu tujuan utama mengapa Microsoft merangkai Surface, maka mereka melakukannya dengan cara yang salah. Dan itu mungkin juga menjadi alasan mengapa konsumen lebih memilih tablet biasa.

Tentu saja akhirnya kita akan menanyakan tentang harga. Seperti detail hardware, Microsoft belum berkomentar apa-apa soal harga Surface Pro 2. Menurut perkiraan saya sendiri, mengingat Surface Pro 2 adalah generasi pengganti Surface Pro, ia akan dibanderol dengan harga yang tidak jauh berbeda – bisa sedikit lebih mahal, ataupun sedikit lebih murah.

Rencananya peluncuran Surface Pro 2 akan menyusul setelah Surface RT baru mendarat di bulan Oktober – tepatnya bulan Februari tahun depan.

Keterangan tambahan, gambar di atas adalah gambar Surface Pro pertama.

Previous Story

Asus Memamerkan Dua Seri Zenbook Baru Tercanggih di Kelasnya

Next Story

Path 3.2 Introduces Premium Subscriptions and Even More Private Sharing Options

Latest from Blog

Don't Miss

Dampak AI Pada Transformasi Bisnis di Indonesia: TELKOM, BUMA, dan DANA Berbagi Pengalaman

Sadar akan potensi besar yang ada pada teknologi AI ini,

Bangun Infrastruktur Cloud dan AI di Indonesia, Microsoft Siapkan Dana Investasi 27 Triliun

30 April 2024 menjadi hari yang cukup bersejarah bagi perkembangan