1. Startup

Survei Groupon: Konsumen Indonesia Gemar Belanja Liburan Via Mobile

Sudah bukan rahasia jika musim liburan yang hampir tiba sebentar lagi mendorong banyak masyarakat untuk berbelanja  dan membeli hadiah. Groupon, sebagai salah satu pemain besar di industri e-commerce, baru saja melakukan sebuah survei bertemakan liburan di 12 negara yang menjadi cakupan pasarnya termasuk Indonesia. Hasilnya cukup menarik khususnya bagi Indonesia yang dalam laporan survei tersebut dinyatakan sebagai negara yang konsumennya dinyatakan memiliki minat tinggi dalam memberikan hadiah yang paling menarik bagi kerabatnya melalui perangkat mobile. Seperti apa hasil survei Groupon selengkapnya?

Melalui rilisan resmi yang dikirimkan kepada redaksi kami, konsumen di Indonesia memiliki minat yang cukup tinggi akan berbelanja keperluan liburan seperti untuk hadiah dan sebagainya melalui perangkat mobile seperti smartphone dan juga tablet. Tercatat, ada sekitar 66% responden berniat untuk membeli hadiah melalui perangkat mobile, angka tersebut juga nyatanya dibarengi dengan dengan nilai spent anggaran sebesar 22% dari total anggaran untuk membeli hadiah dengan berbelanja online. Angka tersebut merupakan angka tertinggi kedua setelah Malaysia pada wilayah survei Asia-Pasifik.

Dari hal tersebut, ditemukan pula hal menarik lainnya yang dapat menyimpulkan bahwa kondisi pasar Indonesia yang sudah semakin melek dengan gaya hidup digital. Dijelaskan kembali, pembelian yang dilakukan melalui online dan mobile, dapat mencapai lebih dari setengah (53%) dari anggaran belanja hadiah. Angka ini lebih tinggi dibanding gaya hidup berbelanja konvensional yang hanya sebesar 37%.

“Hasil survei kami menunjukkan bahwa Indonesia memimpin wilayah dengan kebiasaan giat mereka dalam memberi hadiah dan belanja online melalui smartphone dan tablet,” ujar Indrasto Budisantoso, CEO Groupon Indonesia. Ia menambahkan, pihaknya sendiri secara signifikan akan terus mengembangkan layanannya dalam memfasilitasi kebutuhan pelanggan dalam berbelanja online khususnya di kala musim liburan.

“Groupon Indonesia berkomitmen untuk memberikan penawaran terbaik baik produk maupun pengalaman perjalanan untuk membuat hidup konsumen menjadi lebih menyenangkan. Dan sepertinya hasil ini disetujui oleh 54% responden yang menyatakan bahwa mereka dapat menemukan hadiah yang orisinil dan unik di Groupon, sementara 57% responden menyatakan menggunakan aplikasi mobile Groupon Indonesia untuk berbelanja sepanjang musim liburan ini," papar Indrasto yang dimuat dalam keterangan resmi.

Apa yang menjadi hasil survei Groupon dalam “Survei Musim Liburan Groupon Asia Pasifik (APAC)” tadi jelas memberikan angin segar bahwa industri e-commerce di Indonesia nyatanya terus bertumbuh secara significant. Walaupun masih berasal dari satu sudut pandang, setidaknya masa depan akan pertumbuhan e-commerce Indonesia dapat dilirik sejak dini. Namun pertanyaannya apakah hal ini akan bertahan, bertumbuh, ataukah malah akan menurun? Tentu yang dapat menentukan hasil akhirnya adalah tak lepas dari peran para pelaku industri e-commerce yang tak hanya sebagai pihak penyelenggara saja namun juga sebagai pihak yang mengedukasi pasar secara luas khususnya di Indonesia.

[ilustrasi foto dari: Shutterstock]

Are you sure to continue this transaction?
Yes
No
processing your transaction....
Transaction Failed
Try Again

Sign up for our
newsletter

Subscribe Newsletter
Are you sure to continue this transaction?
Yes
No
processing your transaction....
Transaction Failed
Try Again