Categories

Berita

Survei Microsoft: Teknologi Memiliki Peran Penting dalam Memajukan Kota

Terkait dengan penyampaian informasi, konektivitas dan peluang ekonomi baru

Prayogo Ryza - 19 July 2016

Microsoft CityNext baru saja merilis hasil riset bertajuk "Microsoft CityNext Asia Pasific Survey: Your City, Your Future". Riset yang dilakukan dengan meneliti lebih dari 200 penduduk di Jakarta itu mengemukakan fakta bahwa sebagian besar responden memandang teknologi memiliki peranan penting dalam meningkatkan kondisi kehidupan di kota-kota.

Di posisi pertama, lebih dari 93 persen responden menyetujui teknologi memiliki peranan penting dalam proses penyampaian informasi mengenai layanan-layanan kota kepada warganya. Sementara untuk posisi kedua 90 responden sepakat posisi teknologi adalah untuk menyediakan konektivitas yang lebih baik melalui jaringan Wi-Fi dan seluler, dan meningkatkan komunikasi antara warga dan kotanya untuk menciptakan kepedulian masyarakat yang lebih baik.

Teknologi juga dipercaya lebih dari 85 responden mampu untuk menciptakan peluang-peluang ekonomi baru dan mampu memudahkan perencanaan kota dengan lebih baik, khususnya menggunakan analisis big data.

Director of Public Sector Microsoft Indonesia Peter Sutiono menjelaskan teknologi-teknologi mulai dari solusi layanan cloud computing (komputasi awan) hingga aplikasi-aplikasi mobile dan teknologi big data memiliki perang yang signifikan dalam mengubah kota menjadi komunitas yang lebih aman, pinta dan berkelanjutan. Menurutnya teknologi-teknologi tersebut memiliki potensi untuk membantu pemerintah Indonesia terutama dalam hal perancangan kota dalam mengatasi permasalahan seperti transportasi dan ketertiban umum.

Infografis CityNext Survey / Microsoft

“Sebagai contoh, pemakaian alat analisis bisa dimanfaatkan untuk mengobservasi kedatangan bus dan kereta api agar bisa tiba lebih tepat waktu dan terhindar dari kemacetan lalu lintas. Sedangkan lebih banyak kamera pengawas yang dipasang di tempat-tempat umum dapat membantu pihak berwenang untuk menekan angka kriminalitas seperti pencopetan sehingga Jakarta bisa menjadi kota yang lebih aman untuk ditinggali,” ujarnya mencontohkan.

Laporan ini juga menunjukkan bahwa 67 persen responden yakin bahwa kualitas hidup mereka akan lebih baik pada tahun-tahun mendatang. Hasil ini menempatkan Jakarta sebagai kota kedua paling optimis setelah Mumbai. Namun demikian responden juga menekankan pada perbaikan infrastruktur transportasi dan beberapa faktor lain seperti keamanan dan ketertiban umum, lowongan pekerjaan, dan pendidikan.

Dailysocial.id is a news portal for startup and technology innovation. You can be a part of DailySocial.id`s startup community and innovation members, download our tech research and statistic reports, and engage with our innovation community.

Sign up for our
newsletter

Subscribe Newsletter