Categories

Internet

Susul Chrome, Firefox Godok Fitur Pemblokir Audio dan Video AutoPlay

Fitur ini diluncurkan di versi nightly build sebelum digulirkan ke publik

Bambang Winarso - 26 July 2018

Internet menghadirkan banyak hiburan berupa bacaan dan tontonan. Tapi, kesenangan itu agak terganggu jika web dengan sengaja memasang konten video atau audio yang berputar secara otomatis (autoplay). Sialnya, tak jarang video yang diputar mengeluarkan suara yang tak enak didengar, tak senonoh atau mengagetkan.

Untuk meminimalisir gangguan seperti di atas, pengembang Mozilla dilaporkan sedang menggodok fitur yang memungkinkan pengguna membungkam (mute) audio atau video yang berputar secara otomatis. Dale Harvey, seorang pengembang di Mozilla memposting cuitan yang mengonfirmasi bahwa fitur ini sudah diluncurkan di versi nightly build. Artinya, kita bisa berharap ia akan digulirkan ke versi publik dalam waktu dekat.

Fitur baru ini mencakup berbagai opsi untuk mengonfigurasi video yang diputar secara otomatis di web, termasuk kemampuan untuk memilih situs mana yang dapat memutar audio secara otomatis dan kapan harus mengizinkan sumber untuk memicu pemutaran otomatis.

Di versi awalnya, pengguna dapat melakukan satu dari tiga opsi di atas dengan mengakses menu Option – Permission – Privacy and Security. Selanjutnya, dengan memilih opsi ” Don’t Autoplay” dapat menghindarkan pengguna dari kejadian memalukan ketika menonton film horor atau animasi di perpustakaan.

Firefox terbilang lelet memperhatikan kebutuhan pengguna akan fitur ini. Karena tahun lalu, fitur serupa sudah ditambahkan ke Google Chrome 64 yang disebut dengan Unified Autoplay dan secara khusus menyasar iklan audio. Fitur itu berfungsi untuk memblokir pemutaran video yang disertai audio secara otomatis, dengan beberapa pengecualian berdasarkan kriteria tertentu.

Sumber berita Ubergizmo dan gambar header Pixabay.

Dailysocial.id is a news portal for startup and technology innovation. You can be a part of DailySocial.id`s startup community and innovation members, download our tech research and statistic reports, and engage with our innovation community.

Sign up for our
newsletter

Subscribe Newsletter

Thank you for Reading DailySocial.id

Starting at less than Rp 5.000/Day. You get unlimited access to DailySocial.id