17 June 2015

by Glenn Kaonang

Susul Xbox One, PlayStation 4 Kini Punya Media Player untuk Foto, Video dan Musik

Saya masih ingat masa-masa kejayaan PlayStation 2, dimana sehari-harinya, sepulang sekolah, saya langsung masuk kamar dan mulai menyalakan sang console. Menariknya, pada masa-masa tersebut, saya lebih sering menggunakan PS2 tersebut untuk menonton DVD ketimbang bermain game.

Sejatinya, game console kini sudah beralih fungsi menjadi sebuah pusat hiburan yang tidak terbatas untuk video game saja. Xbox One adalah contoh termudah; console besutan Microsoft ini dilengkapi seabrek layanan hiburan yang tidak cuma berfokus pada game saja.

Kembali ke PlayStation, selama hampir dua tahun, cukup banyak para pengguna PS4 yang berharap Sony akan menyematkan fitur media player. Sony pun tak bisa tinggal diam, bersamaan dengan game-game andalan yang mereka umumkan di panggung E3 2015, Sony juga mengungkap kehadiran Media Player untuk PlayStation 4.

Info menarik: Game-Game Baru Electronic Arts Turut Meriahkan Ajang E3 2015

Icon Media Player akan muncul pada laman konten PS4, dimana pengguna kemudian bisa mengunduhnya melalui PS Store. Dengan player tersebut, Anda tak cuma bisa memutar konten yang tersimpan dalam USB flash drive, tetapi juga yang tersimpan dalam server di rumah Anda; Media Player akan mencari konten yang kompatibel secara otomatis.

Bicara soal konten, PS4 Media Player siap memutar video dalam berbagai codec, di antaranya MKV, AVI, MP4, MPEG-2 TS dan AVCHD. Foto atau gambar juga bisa ditampilkan, namun hanya dalam format JPEG, BMP dan PNG.

Untuk musik, PS4 Media Player hanya mendukung format MP3 dan AAC (M4A) – sayang tidak ada dukungan format lossless. Terlepas dari itu, Media Player ini merupakan salah satu fitur yang paling dinanti oleh mayoritas pengguna PS4 yang menempatkan sang console sebagai pusat hiburan di ruang tamu atau ruang keluarganya.

Sumber: PlayStation Blog.