4 March 2015

by Glenn Kaonang

Swatch Touch Zero One Adalah Smartwatch bagi Para Pencinta Voli Pantai

Swatch memang unik. Tidak seperti brand arloji asal Switzerland lainnya, Swatch banyak menelurkan arloji-arloji dengan desain yang amat eksentrik. Tidak terkecuali produk terbarunya, yang sejatinya merupakan sebuah smartwatch era modern dengan sejumlah sentuhan yang sedikit nyeleneh.

Dinamai Swatch Touch Zero One, smartwatch ini dirancang khusus untuk para pencinta voli pantai, baik para atlet maupun penggemarnya. Desainnya yang warna-warni mungkin bisa menjadi indikator atas keterkaitannya ini dengan voli pantai.

Pada dasarnya, Swatch Touch Zero One ini lebih cocok dipandang sebagai kombinasi arloji digital dan sebuah fitness tracker. Pasalnya ia memiliki tiga fungsi utama – Step Counter, Power Hits dan Power Claps – tanpa fungsi notifikasi seperti yang dimiliki oleh mayoritas smartwatch di pasaran.

Info menarik: Huawei Rilis Smartwatch Android Wear Pertama Mereka, Huawei Watch

Fungsi pertama, yaitu Step Counter, sudah cukup jelas kegunaannya. Sama seperti segudang perangkat serupa lainnya, Swatch Touch Zero One dapat menghitung setiap langkah kaki yang dijejakkan oleh penggunanya.

Fungsi Power Hits dapat menghitung berapa kali penggunanya telah memukul bola, sekaligus mengukur seberapa kuat pukulan atau smash yang dilakukan. Situs A Blog To Watch menambahkan bahwa dengan fungsi ini, Swatch Touch Zero One dapat membedakan empat jenis pukulan yang diterapkan oleh penggunanya.

Terakhir, Power Claps ditujukan bagi para penonton voli pantai yang selalu antusias dalam menyaksikan idolanya bertanding. Swatch Touch Zero One bisa menghitung berapa kali – dan kemungkinan juga mengukur seberapa kuat – penggunanya bertepuk tangan.

Data-data tersebut kemudian akan dikirimkan ke aplikasi pendampingnya – Touch Zero One App – yang kemungkinan besar akan hadir untuk platform Android dan iOS. Aplikasi ini kemudian akan mengonversikan kompilasi data tersebut menjadi informasi jumlah kalori yang sukses dibakar oleh sang pengguna.

Info menarik: Resmi Meluncur di Kickstarter, Smartwatch Pebble Baru Hadir dengan Layar Berwarna

Dari segi hardware, Swatch Touch Zero One membawa lebih dari sekedar desain yang ‘menyenangkan’ dan tahan air. Ia dibekali layar melengkung dan, tentu saja, panel sentuh untuk menavigasikannya. Swatch tidak memaparkan konektivitasnya, namun kemungkinan besar smartwatch ini menggunakan sambungan Bluetooth, jika melihat logo Bluetooth pada layarnya.

Soal baterai, Swatch Touch Zero One diklaim mampu bertahan hingga berbulan-bulan lamanya, setara standar arloji buatan Swatch lainnya. Meski tidak disertai angka yang pasti, klaim ini sejalan dengan kabar mengenai smartwatch besutan Swatch yang saya tuliskan beberapa waktu lalu, dimana dikatakan bahwa smartwatch milik Swatch nantinya tidak perlu di-charge baterainya.

Sampai saat ini masih belum ada informasi mengenai banderol harga resminya, akan tetapi perkiraannya Swatch Touch Zero One akan dipasarkan seharga $159 (Rp 2,05 juta).

Tampaknya kita masih harus menunggu lebih lagi untuk menyambut kedatangan pesaing sejati Apple Watch dari Swatch yang dibekali oleh fungsi-fungsi yang lebih lengkap dari sekedar fitness tracking.

Sumber: Swatch via A Blog To Watch.