Categories

Mobile

SwiftKey Luncurkan Aplikasi yang Permudah Komunikasi Anak Penyandang Disabilitas

SwiftKey Symbols menggunakan gambar sebagai pengganti kalimat, tersedia gratis untuk Android

Bambang Winarso - 11 December 2015

Pengembang aplikasi keyboard untuk smartphone, SwiftKey baru-baru ini meluncurkan inisiatif baru yang bertujuan membantu mempermudah anak-anak dengan gangguan bicara untuk berkomunikasi satu sama lain. SwiftKey merilis aplikasi alat bantu komunikasi yang menggunakan gambar bernama SwiftKey Symbols. Menurut keterangan resminya, ide aplikasi ini dicetuskan oleh salah seorang staff mereka yang mempunyai keluarga pengidap autis. Meskipun ditargetkan untuk anak-anak, namun penggunaan aplikasi ini sendiri dapat menyentuh berbagai kalangan dan usia.

Konsep aplikasi ini sangat sederhana, pengguna memilih sederet gambar yang dianggap mewakili pesan yang ingin disampaikan, kemudian SwiftKey Symbols akan mengubah gambar tersebut menjadi sebuah kalimat sehingga pesan yang dimaksudkan dapat diterima dengan akurasi yang lebih baik. Pengembang telah menyiapkan beberapa kategori yang berbeda, seperti gambar orang, aktivitas dan juga warna. SwiftKey juga membenamkan kemampuan belajar dan memprediksi yang akan semakin akurat seiring penggunaannya, sebagaimana kemampuan yang dibawa oleh aplikasi keyboard mereka.

SwiftKey Symbols saat ini tersedia secara cuma-cuma di Google Play Store. Dan berdasarkan pantauan DailySocial, aplikasi berbasis simbol seperti ini ternyata bukan barang baru. Setidaknya ada dua aplikasi yang cukup tenar, antara lain TouchChat dan Proloqui2Go.

Bagi SwiftKey sendiri ini adalah sebuah kemajuan yang sangat baik sebagaimana visi mereka ke depan. Menggunakan teknologi yang dipunyai untuk membantu orang-orang dalam berkomunikasi. Sebelumnya SwiftKey juga telah menggandeng Professor Stephen Hawking dan startup asal Israel, Click2Speak untuk menjajaki pengembangan teknologi mereka ke level yang lebih serius khususnya dalam hal komunikasi.

Dailysocial.id is a news portal for startup and technology innovation. You can be a part of DailySocial.id`s startup community and innovation members, download our tech research and statistic reports, and engage with our innovation community.

Sign up for our
newsletter

Subscribe Newsletter

Thank you for Reading DailySocial.id

Starting at less than Rp 5.000/Day. You get unlimited access to DailySocial.id