Switchmate, Sakelar Pintar yang Bisa Dikendalikan via Smartphone

Makan malam, membaca selama 1 - 2 jam, masuk kamar, chargesmartphone lalu langsung lompat ke atas kasur. “Bah!” Lampu kamar lupa dimatikan. Skenario semacam ini hampir setiap hari saya lakoni. Kesalahan sepele dan konyol seperti ini terus saya ulangi dan terus membuat saya sendiri naik pitam sesaat sebelum tidur.

Sakelar lampu yang dilengkapi remote control mungkin bisa jadi solusi, tetapi saya khawatir remote berukuran kecil tersebut akan lenyap entah ke mana hanya dalam hitungan hari. Dan lagi pula remote tersebut tidak bisa saya pakai untuk mematikan lampu ruang makan yang juga dengan santainya saya biarkan menyala begitu saja.

Hmm, bagaimana jika smartphone saya bisa difungsikan sebagai remote control untuk lampu kamar, lampu ruang makan dan semua perangkat yang menggunakan sakelar di dalam rumah? Meski sedang di-charge, smartphone saya selalu berada di atas meja di sebelah ranjang, dan saya bisa menjangkaunya kapan saja saya mau.

Inilah skenario yang ingin ditawarkan Switchmate, startup asal Kalifornia yang mencoba merealisasikan produknya melalui situs crowdfundingIndiegogo. Produk itu bernama, well, Switchmate.

Info menarik: Beam Adalah Gabungan Proyektor dan Lampu dengan Fitur Otomatisasi

Switchmate merupakan sakelar pintar yang bisa dikendalikan lewat iPhone maupun berbagai smartphone Android. Anda hanya perlu melakukan pairingvia Bluetooth LE, maka Switchmate siap dikontrol dari mana pun dengan jangkauan hingga 70 meter.

Perlu diketahui, Switchmate bukanlah pengganti sakelar yang sudah menancap di dinding rumah kita. Ia memanfaatkan magnet untuk Anda pasangkan di atas sakelar yang kompatibel – tidak ada kabel atau sekrup ekstra yang diperlukan – dan perangkat apapun (lampu, kipas angin, dsb.) yang menyambung ke sakelar tersebut bisa langsung Anda nyala-matikan lewat smartphone.

Melalui aplikasi pendamping Switchmate di smartphone, Anda bisa mengontrol berbagai Switchmate sekaligus dan memasang timer untuk tiap-tiap perangkat. Tentunya Switchmate juga bisa dioperasikan secara manual via satu tombol besar di bagian depannya.

Fitur menarik lain dari Switchmate adalah kemampuannya mendeteksi keberadaan Anda. Berkat konektivitas Bluetooth milik Switchmate, lampu-lampu yang terhubung akan otomatis menyala setibanya Anda di rumah.

Sakelar pintar ini menggunakan sepasang baterai AA sebagai sumber energinya. Daya tahannya diperkirakan bisa mencapai 8 sampai 12 bulan.

Info menarik: Mencegah Tagihan Listrik Bengkak dengan Colokan Listrik Pintar D-Link Wi-Fi Smart Plug

Kampanye Switchmate saat ini sudah memenuhi target dan hanya tersisa beberapa hari sebelum berakhir. Pledge terendahnya adalah $45 (± Rp 590 ribu) untuk satu unit Switchmate – cukup mahal mengingat idealnya kita memerlukan lebih dari satu Switchmate untuk mencakup satu rumah.

Satu hal yang amat saya sayangkan adalah ketersediaan Switchmate untuk pasar internasional. Sejauh ini Switchmate hanya akan dipasarkan di AS dan Kanada. Mereka baru akan menjualnya ke negara-negara lain saat versi yang kompatibel dengan beraneka wujud sakelar yang dipakai di dunia – termasuk Indonesia – telah tersedia.

Rasanya saya harus bertabah dengan sakelar remote control biasa, sampai paling tidak tahun depan…