11 August 2014

by Yoga Wisesa

swivelCard, Kartu Nama Pintar Berkonektivitas USB dan Akses Remote

Connected paper atau kertas 'terkoneksi' adalah teknologi menarik yang sangat inovatif jika diaplikasikan dengan tepat. Beberapa bulan lalu, Motorola telah berupaya mengembangkannya untuk packaging, label dan poster. Dan kini seorang developer asal Washington, Andrew DePaula, menemukan sebuah ide baru lagi dalam memanfaatkan teknologi tersebut.

Diperkenalkan dengan nama swivelCard, sekilas ia terlihat seperti kartu nama (business card) biasa. Tapi uniknya, swivelCard juga merangkap sebagai drive USB yang bisa di-update bahkan setelah Anda membagi-bagikannya ke orang lain. Developer menemukan rancangan teknik lipatan simpel yang efektif. Yang perlu Anda lakukan hanyalah melipat swivelCard menjadi dua, lalu bagian USB akan menonjol ke luar.

Melalui konektivitas USB yang dimiliki swivelCard, sangat mungkin bagi Anda untuk melengkapi kartu nama dengan foto-foto, video, presentasi dan juga link website interaktif. Hebatnya lagi, Anda mendapatkan akses ke interface software back-end untuk mencari informasi berguna tentang kartu swivelCard yang telah dibagi-bagikan dan bagaimana mereka digunakan.

 

Info menarik: Connected Paper, Kertas Elektronik Canggih Garapan Ericsson

 

User bisa mengakses swivelCard secara konstan sehingga dapat selalu berinteraksi dengan orang-orang yang telah mendapatkan kartu nama. Anda hanya tinggal login dengan interface back-end dan mengkustomisasinya dari jauh. Teknik ini bisa diaplikasikan ke seluruh swivelCard yang sudah dibagikan, atau secara spesifik ke kartu-kartu tertentu.

Dengan begitu, Anda bisa menyertakan sederetan testimoni atau presentasi khusus untuk klien-klien yang potensial, bukan sekedar sapaan standar - atau bahkan menambahkan info penting yang terlupakan. Jadi untuk siapa swivelCard dibuat? Karya DePaula ini bisa dimanfaatkan oleh profesional di segala bidang dari mulai fotografer, agen real estate, para musisi untuk mempublikasikan sampel atau salah satu karya mereka, vendor-vendor dalam pameran, hingga untuk undangan pernikahan.

Ada dua tipe swivelCard yang ditawarkan DePaula: ukuran standar dan Mini. swivelCard Mini cocok untuk Anda yang ingin menjajal lebih dulu tanpa mengeluarkan banyak uang. Varian kecil tersebut memiliki fungsi yang sama seperti saudaranya, termasuk remote access dan analytics. Mereka juga memiliki perekat di bagian belakang dan Anda dapat menempelnya dimanapun.

 

Info menarik: Ritot, Arloji Pintar Unik Berteknologi Proyektor

 

Untuk sekarang, developer menawarkan delapan pilihan desain. Jumlah rancangan akan ditambah seiring tercapainya target stretch selanjutnya. Andrew DePaula dan timnya juga membuka kesempatan bagi Anda untuk membuat dan mengajukan desain sendiri.

Dari penjabaran di Kickstarter, developer memperkirakan bahwa proses pengiriman akan berlangsung di bulan Oktober untuk para backer. Mereka yang mendukung proyek ini lebih dulu akan mendapatkan swivelCard lebih cepat. Hal tersebut menandakan bahwa bahwa proses produksi akan dimaksimalkan hingga semua pemesan menerimanya.

Semoga saja lebih banyak orang yang memesan dan menggunakan swivelCard agar ia tidak hanya sukses sebagai proyek crowdfunding di Kickstarter, tapi juga berkembang dengan fitur-fitur baru di masa yang akan datang.

Sumber: Kickstarter.

Koreksi: perubahan & menjadi dan pada judul artikel.