Categories

Mobile

Synth Legendaris Minimoog Model D Bereinkarnasi Menjadi Aplikasi iOS

Cuma Rp 75 ribu, dibanding perangkat orisinilnya yang dirilis ulang di tahun 2016 seharga $3.749

Glenn Kaonang - 27 March 2018

iPhone dan iPad tidak kekurangan aplikasi synthesizer, akan tetapi selalu ada ruang untuk aplikasi yang dibuat oleh Moog. Lebih penting lagi, aplikasi ini merupakan rekreasi digital atas salah satu keyboard synth paling legendaris, yakni Minimoog Model D.

Bagi yang tidak tahu, Minimoog Model D kerap dianggap sebagai portable keyboard synth pertama di dunia ketika dirilis di tahun 1970. Di masa kejayaannya, Minimoog Model D banyak dipakai oleh musisi kenamaan, namun saya pribadi tidak akan pernah lupa dengan suara ritme bass uniknya pada salah satu lagu terlaris Michael Jackson, “Thriller”.

Minimoog Model D berhenti diproduksi di tahun 1981, akan tetapi 35 tahun setelahnya, Moog memutuskan untuk memproduksinya kembali dalam jumlah terbatas. Synth langka itu dihargai $3.749, namun kabar baiknya, reinkarnasi digitalnya cuma dihargai Rp 75 ribu saja.

Aplikasinya ini tidak hanya menduplikat perangkat orisinilnya, tapi juga menawarkan sejumlah fitur baru. Yang paling utama, aplikasinya bisa memutar chord dengan empat nada secara bersamaan (polyphonic), sedangkan perangkat aslinya cuma bisa satu (monophonic).

Total ada lebih dari 160 preset yang bisa digunakan, dan Moog juga menawarkan ratusan preset ekstra lewat in-app purchase. Modul efek yang disediakan begitu bervariasi, dan yang lebih menarik lagi, dapat digunakan bersama aplikasi lain, macam GarageBand.

Tertarik? Langsung saja beli Minimoog Model D App dari App Store. Pastikan perangkat yang Anda pakai sudah menggunakan chipset 64-bit (iPhone 5S ke atas) dan menjalankan minimal iOS versi 10.3.

Sumber: Moog dan The Verge.

Dailysocial.id is a news portal for startup and technology innovation. You can be a part of DailySocial.id`s startup community and innovation members, download our tech research and statistic reports, and engage with our innovation community.

Sign up for our
newsletter

Subscribe Newsletter