27 February 2015

by Bambang Winarso

Tablet 8 Inci Samsung Galaxy Tab Active Sambangi Indonesia, Dibanderol Rp 6 Juta-an

Tablet dan smartphone itu seperti adik dan kakak yang saling melengkapi satu sama lain. Walaupun bukan aturan baku, namun ada semacam kesan dimana orang merasa belum lengkap jika tidak menemani smartphone-nya dengan tambahan tablet. Sehingga tidak heran bila banyak orang selain punya smartphone, ia juga punya tablet.

Samsung punya pengaruh yang kuat di sektor tablet, bisa dibilang pabrikan asal Korea Selatan ini salah satu pelopor perangkat tablet di tanah air. Dan baru-baru ini Samsung kembali menggarap pasar lokal nusantara dengan menghadirkan varian baru yang bernama Galaxy Tab Active.

Dalam peluncuran Samsung Galaxy Tab Active pada Kamis (26/2/2015) kemarin, Samsung Electronic indonesia (SEIN) mengungkapkan banyak hal soal tablet terbarunya tersebut.

Info Menarik:Oppo Mirror 3 Berikan Fitur High-End ke Konsumen Kelas Menengah

Namun secara terang-terangan Samsung Electronic Indonesia menonjolkan sisi kekuatan sebagai keunggulan utama. Dimana perangkat diklaim tahan terdahap benturan, air dan debu.

Sebagaimana dikutip dari DetikNet, Pambudi Baskara Sudirman selaku Enterprise Mobility Product Marketing PTM SEIN mengatakan, “Galaxy Tab Active ini telah mengantungi sertifikasi IP67, dimana perangkat ini aman dari debu dan air dengan kedalaman 1 meter selama 30 menit, Tak hanya itu saja, Galaxy Tab Active diklaim tahan benturan dari ketinggian 1,2 meter.”

Seperti namanya, “Active” tablet ini dirancang khusus untuk pekerja lapangan yang selalu aktif bergerak, dimana tak jarang berhadapan dengan ketinggian dan medan yang berat. Bagi para pengguna tipe ini, perangkat tablet biasa bukanlah tandingan medan, mereka butuh perangkat yang tangguh.

Tablet Samsung Galaxy Tab Active dibalut layar TFT 8 inci dengan kualitas visual apik, ditandai dengan resolusi mumpuni 1280 x 800 piksel dan kepadatan 189ppi. Sektor performa cukup menjanjikan dengan kehadiran chipset Snapdragon 400 yang terdiri dari CPU quad-core Cortex-A7 berkecepatan 1,19GHz.

Guna memastikan kemampuan multitasking yang memadai, Samsung membenamkan komponen RAM sebesar 1,5GB bersama-sama dengan memori internal lega seluas 16GB yang apabila dirasa masih kurang, pengguna dapat menambahkan memori eksternal hingga 64GB lewat slot microSD yang sudah disediakan.

Info Menarik:Moto E Generasi Kedua Resmi Diluncurkan Dalam Dua Varian 3G dan 4G, Harga Tetap Murah

Samsung juga telah menambahkan dua buah kamera untuk kebutuhan fotografi. Kamera utama di bagian belakang cukup baik walau tidak istimewa, hanya 3,1MP ditambah dengan kamera depan 1,2MP.

Sebagaimana dikutip dari MetroTVNews, tablet Samsung Galaxy Tab Active mampu bertahan selama lebih dari 8 jam berkat baterai berkapasitas 4450mAh, sehingga memungkinkan pengguna untuk memperoleh manfaat sepanjang jam kerja dalam satu kali pengisian. Plus perangkat juga sudah dilengkapi dengan teknologi 4G LTE.

Sayangnya selain dibanderol cukup mahal, yakni Rp 6 juta-an, tablet Samsung Galaxy Tab Active juga tidak akan dijumpai di toko-toko retail, karena hanya dijual melalui metode B2B.

Sumber berita dan gambar header MetroTVNews.