Tablet Amazon Fire 7 Terbaru Tampil Lebih Ramping dan Bening

Selain model Fire 7, Amazon juga menyegarkan model Fire HD 8 dengan harga lebih murah

Amazon kembali melakukan penyegaran untuk jajaran tablet Fire 7 dan Fire HD 8. Kedua tablet memperoleh sejumlah peningkatan dari sisi fitur dan juga desain. Kini, keduanya sudah bisa dipesan melalui situs resmi Amazon dan akan mulai dikirimkan pada bulan Juni.

Amazon Fire 7 menawarkan peningkatan desain yang cukup menggembirakan, di mana body perangkat kini lebih ramping dan juga ringan,dari 10,6 mm menjadi 9,6mm dan bobot turun dari 11 ons ke 10,4 ons. Daya tahan baterai juga diklaim lebih lama satu jam dari generasi sebelumnya.

Di sisi fitur, Amazon memberikan konektivitas WiFi yang lebih fleksibel dengan menambahkan dukungan dual-band, kendati standar yang digunakan masih 802.11ac. Namun dengan kontras yang lebih tinggi, tablet menyuguhkan media baca yang lebih tajam, mempermudah pengguna menikmati ebook-ebook pilihan kendati resolusi yang dihadirkan tetap di 1024 x 600 piksel.

Selebihnya, Amazon Fire 7 masih dibalut material plastik dan dapur pacu yang sama dengan versi sebelumnya. RAM tercatat sebesar 1GB, namun dengan peningkatan kecil yang dijabarkan di atas, pembeli tablet akan cukup senang mengingat harga tablet masih di kisaran $50.

Geser ke perangkat yang lain, Fire HD 8 selain lebih murah $10, ia tampak tak menawarkan banyak perubahan dari generasi sebelumnya. Tapi yap, Amazon menawarkan beberapa warna baru dan daya lahap microSD yang lebih luas. Dibandingkan seri Fire 7, tablet menawarkan peningkatan layar menjadi 8 inci yang memancarkan tatap muka dengan kejernihan 1280 x 800 piksel. RAM sebesar 1,5GB membantu perangkat melahap berbagai aplikasi dan game dengan optimal kendati terbatas pada game-game kelas menengah.

Berbekal baterai yang lebih baik, Fire HD 8 mampu bertahan selama 12 jam. Kapasitas memori yang ditawarkan juga dua kali lebih luas dibandingkan varian Fire 7, yakni mulai 16GB hingga 32GB dengan banderol termurah seharga $80.

Yang tak boleh dilupakan, Amazon mulai menjejalkan asisten digital pintar Alexa di kedua model. Ini merupakan langkah lanjutan dari upaya Amazon yang berambisi membenamkan dukungan Alexa ke setiap produk. Sebelumnya, Amazon juga melakukan langkah serupa ke termostat Ecobee dan Westinghouse 4K TV.

Sumber berita TheGuardian, Amazon 1 dan 2.