20 March 2017

by Bambang Winarso

Belum Menyerah Garap Tablet, Asus Kembali Siapkan Varian Baru?

Tablet baru Asus disebut-sebut bakal mengemas layar jumbo 9,6 inci dengan spek yang menjanjikan

Pasar tablet memang cenderung lebih lesu ketimbang industri smartphone yang justru kian semarak. Walau begitu, Asus sepertinya menolak untuk lempar handuk. Dalam sebuah bocoran terbaru, pabrikan asal Taiwan itu dikabarkan sedang mempersiapkan sebuah tablet dengan layar bongsor yang ditenagai komponen yang cukup baik.

Dikutip dari DigitalTrend, tablet Asus yang muncul dalam bocoran bakal dihuni chipset MediaTek MT8173 yang mengemas empat inti prosesor dengan fabrikan 28nm. Namun dalam bocoran bersangkutan, chipset tersebut keliru disebutkan dengan prosesor 12 inti kendati benar MediaTek memang sedang menggarap chipset dodeca-core. Tapi bukan untuk tablet Asus ini.

Berikutnya, jeroan tablet bakal menjadi rumah bagi komponen grafis PowerVR GX6250 yang diharapkan mampu memberikan visual berkualitas lewat layar 9,6 inci beresolusi 2048 x 1536 piksel. Tambahan lainnya berupa RAM 4GB dengan ruang simpan seluas 64GB. Lalu di bagian belakang, meski kapasitas baterai yang dibawa belum diketahui, namun untuk urusan kamera Asus kemungkinan bakal membenamkan sensor 7MP, sedangkan di depan menggunakan sensor 4.7MP. Tablet bakal menjalankan sistem operasi Android 7.0 Nougat.

Belum jelas apa rencana Asus untuk tablet ini dan di jajaran mana ia akan memulai debut. Belum lama ini Asus juga sudah melepas varian tablet ZenPad 3S 10 yang speknya hampir mendekati. Berbekal chipset MediaTek, rasanya sulit bagi Asus untuk bisa menjegal iPad Air 2 jika melepas tablet barunya ini dengan banderol di atas $400.

Gambar header ilustrasi ZenPad 3S 10.