28 October 2013

by Iqbal Farabi

Tablet Berbasis Tizen Pertama Dirilis di Jepang

Samsung boleh saja menjadi pengembang utama sistem operasi Tizen. Bahkan bulan lalu Samsung sudah dirumorkan akan merilis varian Galaxy S4 yang berbasis sistem operasi Tizen dan televisi berbasis Tizen. Siapa sangka perangkat Tizen pertama justru diluncurkan oleh sebuah perusahaan asal Jepang yang tidak terlalu populer secara internasional bernama Systena.

Perangkat besutan Systena ini merupakan sebuah tablet dengan spesifikasi berupa prosesor ARM A9 quad core 1,4 GHz, memori RAM 2 GB, kapasitas penyimpanan internal 32 GB, kamera belakang 2 megapiksel, dan kamera belakang 0,3 megapiksel. Dari segi perangkat lunak, tablet ini menggunakan sistem operasi Tizen versi 2.0.

Diperkenalkan pada perhelatan Smartphone & Mobile Expo di Jepang pada pekan lalu, sejatinya tablet Tizen buatan Systena ini diperuntukkan untuk para pengembang aplikasi Tizen. Bahkan tablet Systena sementara ini hanya bisa dibeli bersamaan dengan developer kit untuk pengembangan aplikasi Tizen.

Belum ada informasi mengenai berapa harga yang dibanderol Systena untuk tablet dan developer kit ini. Meskipun demikian Systena sudah membuka pemesanan melalui situs mereka di tautan ini.

 

Sumber: Systena via Engadget. [gambar via]