16 May 2014

by Bambang Winarso

Tablet Murah Saingan iPad, Xiaomi Mi Pad, Resmi Diumumkan

Xiaomi kembali meluncurkan jagoan baru, kali ini di ranah tablet. Dalam sebuah perhelatan yang digelar 14 Mei lalu Xiaomi resmi mengumumkan beberapa produk baru di mana salah satunya adalah tablet bernama Mi Pad.

Kendati tidak menyatakan diri mengusung misi menghadang iPad, namun penamaan perangkat yang mirip memunculkan anggapan ke arah sana. Sementara dari sisi harga, Xiaomi bisa dibilang adalah rajanya. Sehingga sangat mungkin Xiaomi akan berupaya membandingkan perangkat ini dengan iPad, dengan spesifikasi yang tak kalah gahar namun dengan harga yang jauh lebih murah.

iPad mini termurah dibanderol $339, sementara Xiamo Mi Pad ditawarkan mulai $240 untuk model 16GB dan $270 untuk model 64GB. Perbedaan yang mencolok dari sisi harga ternyata diimbangi oleh spesifikasi yang hampir sekelas. Meski tentunya perbedaan mendasar terletak dari ekosistem dan sistem operasi. iPad engan iOS dan Mi Pad dengan Android.

 

Info Menarik: HTC One mini 2 Resmi Dirilis

 

Xiaomi Mi Pad menggunakan layar berukuran sama dengan iPad mini yaitu 7.9 inci, dari sisi resolusi juga sama 2048 x 1536 piksel, sementara jika melihat pilihan warna yang ditawarkan, Mi Pad lebih condong ke duplikasi iPhone 5C.

Dalaman Xiaomi Mi Pad tergolong berkelas, di bagian prosesor vendor asal Cina tersebut menanamkan komponen NVIDIA TEGRA K1 Next-Gen Mobile Processor, CPU 2.2GHz 4+1 A15. GPU 192 Kepler yang ditopang oleh RAM berkapasitas 2GB. Saat ini perangkat ditawarkan dalam dua model yang dibedakan atas kapasitas memori internal. Model pertama menggunakan memori 16GB dan yang lainnya menggunakan memori 64GB, di mana keduanya masih bisa ditambah dengan adanya slot microSD.

Komponen kamera tak kalah mentereng, di mana ada dua kamera yang disematkan. Di bagian depan memilik kapasitas 5MP yang tergolong tinggi, kemudian di bagian belakang berkapasitas 8MP. Ke semua komponen dibalut oleh perangkat keras dengan ketebalan hanya 8.5mm. Sistem operasi yang digunakan adalah versi Android yang telah dikustomisasi bernama MIUI yang didasarkan pada Android 4.4.2 KitKat.

 

Info Menarik: Smartphone Lumia Dengan Windows Phone 8.1, Lumia 630, Telah Siap Dijual di Asia

 

Ada 6 pilihan warna yang bisa dipilih sesuai selera, sementara untuk mendukung pengoperasian sehari-hari Xiaomi menanamkan baterai dengan kapasitas 6700mAh. Selain itu tentunya perangkat ini dilengkapi dengan fitur-fitur jaringan nirkabel terkini layaknya perangkat tablet modern.

Sayangnya kemungkinan besar Xiaomi Mi Pad tidak akan dibekali fitur seluler sehingga untuk jaringan data baru bisa menggunakan WiFi saja. Kendati versi beta akan dimulai Juni mendatang, namun Xiaomi belum memberikan informasi kapan tablet ini akan mulai dipasarkan.

 

Info Menarik: Tips Memanfaatkan Facebook Graph Search untuk Menjangkau Target Pasar Spesifik

 

Jika melihat kemampuan Xiaomi Mi Pad, sepertinya Apple patut untuk waspada akan potensi menjatuhkan perusahaan asal Cina tersebut. Apalagi kemampuan Xiaomi di bidang teknologi murah tampaknya tak bisa dianggap sepele. Misalnya di saat yang bersamaan mengumumkan Mi Pad mereka juga mengumumkan jagoan lainnya yaitu Mi TV 2.

Mi TV adalah perangkat televisi yang istimewa, yang membuat perangkat ini istimewa karena meski berukuran 49 inci tapi dibanderol hanya $640, atau setara dengan harga smartphone sekelas Samsung Galaxy S5 atau HTC One M8.

Meski dibanderol murah, Mi TV 2 sudah diperkaya fitur-fitur canggih seperti prosesor quad-core MediaTek MStar 6A918 yang mampu digenjot dengan kecepatan 1.45GHz, sistem operasi Android, RAM 2GB dan juga slot microSD. Untuk pasar lokal di mana Xiaomi beroperasi, Mi TV 2 sudah bisa mulai dipesan per 27 Mei mendatang dengan sistem pre-order.

Sumber berita Ubergizmo 1, 2, Cnet dan Miui.