15 January 2016

by Bambang Winarso

Pre-Order Tablet Ubuntu Garapan MJ Technology Segera Dibuka

Tablet Ubuntu dari MJ Technology hadir dalam dua ukuran 8,9 inci dan 10,1 inci

Perangkat tablet kini tersedia dalam bermacam-macam ukuran, fitur dan sistem operasi. Android masih jadi yang paling banyak ditawarkan, lalu iOS jadi penguasa di kelas high-end dan korporat sementara Windows praktis berperan sebagai pengganggu keduanya. Tapi, sekarang muncul lagi pendatang baru yang mungkin bakal jadi pemecah suara. Ia adalah MJ Technology yang berencana membuka pre-order untuk tablet barunya. Bukan tablet biasa, melainkan tablet Ubuntu plus spesifikasi yang menjanjikan.

Dalam pengumuman resminya, MJ Technology tidak hanya akan membuka fase pre-order, tetapi juga berencana menggalang kampanye pengumpulan dana pada tanggal 18 Januari mendatang. Jika target dana yang ditetapkan tercapai, mereka ingin pemesan tabletnya dapat segera menerima perangkat pada bulan Juni 2016.

Soal spesifikasi yang ditawarkan, ada beberapa komponen yang bagi saya cukup menarik. Yakni kehadiran prosesor Intel Atom x7-Z8700 dan tentu saja bintang utamanya, yakni OS Ubuntu – bukan versi mobile - yang secara mengejutkan sudah mendukung input sentuhan. Tapi tetap dengan level harga yang kompetitif. Sebelum ini kombinasi layar sentuh dan Ubuntu kerap gagal bersaing di pasaran karena terbentur pada banderol harganya yang relatif lebih mahal.

Tablet Ubuntu buatan MJ Technology ini sendiri ditawarkan dalam dua harga, yang pertama di kisaran $349 untuk varian 8,9 inci dan $399 untuk varian terbesar dengan layar 10,1 inci. Kedua opsi ini sama-sama mempunyai resolusi 1920 x 1200 piksel dan teknologi IPS serta 10 point multitouch.

Selain prosesor Intel Atom, pabrikan juga melengkapi jeroan tablet dengan RAM LPDDR3 seluas 4GB serta memori internal 64GB. Ada pula sejumlah fitur sensor seperti Gsensor, Compas, Gyroscope dan GPS.

Seperti kebanyakan tablet lainnya, tablet Ubuntu ini juga mempunyai kamera untuk keperluan foto dan video. Kamera yang pertama terletak di belakang dengan resolusi 13MP, dan kamera kedua di bagian depan beresolusi 8MP. Demi menjawab kebutuhan akan perangkat dalam waktu yang lama, pabrikan membenamkan baterai masing-masing 7500mAh dan 8500mAh.

Dikutip dari Facebook fan page MJ Technology, pre-order dan kampanye penggalangan dana rencananya akan diumumkan lebih lanjut di situs resminya.