Tahu Bulat Termasuk Jajaran Permainan Terbaik 2016 Versi Google Play Indonesia

Tahu Bulat Termasuk Jajaran Permainan Terbaik 2016 Versi Google Play Indonesia

Aplikasi Tokopedia, BaBe, Traveloka, dan Go-Jek kembali masuk dalam daftar aplikasi lokal terbaik
Google merilis daftar Yang Terbaik Dari 2016 Google Play untuk aplikasi, game, film, dan buku di Google Play wilayah Indonesia / Google Play
Google merilis daftar Yang Terbaik Dari 2016 Google Play untuk aplikasi, game, film, dan buku di Google Play wilayah Indonesia / Google Play

Hari ini (5/12) Google kembali merilis daftar aplikasi, game, film, hingga buku terpopuler di Google Play Indonesia sepanjang tahun 2016. Dalam daftar Yang Terbaik Dari 2016 Google Play kali ini, beberapa aplikasi mobile karya startup Indonesia seperti Tokopedia dan Go-Jek kembali menjadi raja di negeri sendiri. Sementara untuk kategori Game, Tahu Bulat berhasil masuk dalam daftar ini bersama aplikasi dengan nama-nama besar seperti Pokemon GO dan Clash Royale.

Sebelumnya, di tahun 2015 silam, Google juga pernah merilis daftar untuk aplikasi dan game terbaik. Ketika itu, aplikasi lokal seperti Go-Jek, Traveloka, Mivo, BaBe, Tokopedia, dan Sebangsa masuk dalam jajaran apliakasi terbaik. Sementara di sisi game, ada Billionaire dari Alegrium dan Dazzle (Dagelan Puzzle) dari Touchten yang berhasil masuk ke dalam daftar.

Kali ini, sedikit berbeda dari sebelumnya, Google hanya mengumumkan lima aplikasi untuk masing-masing kategori dan kategori aplikasi lokal pun dipisahkan. Secara umum, dalam kategori Aplikasi Terbaik 2016 masih dikuasai aplikasi dari luar seperti Camera 360 Lite, Opera News Lab, Face Changer 2, Google Duo, dan MSQRD.

[Baca juga: Di Balik Kisah Sukses Game Tahu Bulat yang Fenomenal]

Hal yang menarik datang dari kategori game. Bila di tahun lalu ada dua pengembang dengan dua judul game yang masuk, kali ini hanya ada satu pengembang dengan satu judul yang masuk dalam daftar ini, yaitu Tahu Bulat dari Own Games. Dia (Tahu Bulat-red) berhasil  bersanding dengan nama-nama besar seperti Pokemon GO, Clash Royale, slither.io, dan Ultimate Ninja Blazing.

Own Games sendiri sebenarnya bukan pemain baru di industri game Indonesia. Mereka telah aktif sejak tahun 2011 ketika Nokia masih berjaya dan berhasil menajdi salah satu pengembang game yang cukup sukses di Nokia. Game mereka yang berjudul Beneath the Well dan Own Pet Dragons pun pernah di-pre load oleh perangkat Nokia. Sudah 5 tahun lebih Own Games terus berkarya dan mengembangkan produk-produk mereka.

Sementara untuk daftar aplikasi yang dikembangkan oleh startup Indonesia, beberapa nama lama yang sebelumnya masuk dalam daftar kembali muncul. Mereka adalah aplikasi perjalanan Traveloka, aplikasi on-demand Go-Jek, aplikasi iklan baris OLX Indonesia, aplikasi reader BaBe, dan aplikasi marketplace Tokopedia.

Untuk melihat daftar lengkapnya, Anda dapat mengunjugi halaman Yang Terbaik Dari 2016 di Google Play.

DailySocial.id adalah portal berita startup dan inovasi teknologi. Kamu bisa menjadi member komunitas startup dan inovasi DailySocial.id, mengunduh laporan riset dan statistik seputar teknologi secara cuma-cuma, dan mengikuti berita startup Indonesia dan gadget terbaru.

Berita
Artikel Populer
x
Minerva | Maximize
3

Minerva is typing…