5 January 2015

by Yoga Wisesa

Tahun Baru, Steam Cetak Rekor Baru Pula

Liburan akhir tahun kemarin seharusnya menjadi saat menyenangkan bagi pemilik home console dari Microsoft dan Sony. Sayang sekali layanan PlayStation Network dan Xbox Live mengalami gangguan justru di waktu paling penting, ketika Natal dan Tahun Baru. Namun hal serupa sama sekali tidak terjadi pada Steam, ia malah mencetak sebuah rekor baru.

Terhitung pada tanggal 1 Januari 2015, platform distribusi software digital buatan Valve tersebut kembali menyentuh angka jumlah user paling tinggi. Berdasarkan laman Steam & Game Stats, di hari itu pukul 11.30 siang terdapat 8.466.441 orang mengakses Steam secara bersamaan. Ini bukan pertama kalinya pengguna Steam menembus angka delapan juta, tapi kali ini total tercatat jauh lebih banyak.

Hebatnya, rekor Steam tidak berhenti sampai di sana. Kemarin, tanggal 4 Januari 2015 jam 11:10 siang, Steam kembali memecah catatan baru. Ada 8.512.380 pengguna bersama-sama log-in ke akun mereka. Muncul sebuah pola kenaikan stabil jika kita melihat tahun-tahun sebelumnya. 12 bulan lalu Steam baru melewati tujuh juta 'concurrent' user, dan enam juta tepat setahun sebelum itu.

Dibanding jumlah user sosial media, delapan juta memang terlihat kecil. Tapi tunggu dulu: delapan juta adalah total user Steam aktif yang bermain bersamaan - bukan sekedar banyaknya akun. Jumlah ini ialah impian penyedia jasa platform game semisal Sony dan Microsoft. Dan ketika mereka kewalahan diserbu pemain di waktu liburan, Valve tampak baik-baik saja. Bayangkan 'benteng' seperti apa yang Valve gunakan demi menjaga server mereka.

 

Info menarik: Game Apa Yang Paling Disukai di Steam?

 

Permainan-permainan yang banyak dinikmati merupakan judul-judul populer. Dota 2 menempati posisi pertama, disusul Counter-Strike: Global Offensive, Team Fortress dan Garry's Mod. Di sana juga terdapat beberapa game non-Valve, contohnya Skyrim, Civilization V, Fotball Manager 2015, Arma 3, Payday 2 dan Terraria.

Di tahun baru ini, Valve juga telah menyiapkan update sekaligus add-on Steam teranyar. Buat yang berkenan, Anda dapat berpartisipasi dalam program beta Steam Client. Di update tersebut, Steam mempunyai overlay FPS untuk mengetahui tingkat frame rate (banyaknya gambar) per detik dalam software a la Fraps, sehingga Anda tak perlu lagi menginstal aplikasi third-party.

Tentu saja ada upgrade-upgrade lain seperti pengurangan beban CPU dalam menjalankan gambar animasi atau video, peningkatan performa di Mac OS X dan Linux, dongkrakan performa permainan-permainan lawas, sinkronisasi audio/vidio yang lebih baik, serta penambahan user interface lebih lengkap di mode Big Picture. Anda bisa membaca daftar lebih lengkapnya di laman Steam Community.

Sumber: Steam. Gambar header: Techanet.co.uk.