11 January 2013

by wiku

Tak Ada iPhone 'Murah' dari Apple? (Updated)

Beberapa waktu ini beredar rumor yang mengatakan bahwa Apple akan merilis iPhone dengan harga yang lebih murah dari harga produk mereka yang telah ada sekarang. Kabar ini beredar karena sumber mengatakan pada WallStreetJournal bahwa Apple sedang mempersiapkan iPhone harga 'murah'.

Kabar ini juga diperkuat dari pendapat beberapa analis yang mengatakan bahwa dengan merilis iPhone yang lebih murah akan meningkatkan pangsa pasar Apple, meski mengurangi margin keuntungan tetapi dalam jangkap panjang ini bisa membantu menaikkan pangsa pasar Apple di perangkat bergerak.

Namun sebuah wawancara yang dilakukan atas Apple SVP of Worldwide Marketing, Phil Schiller pada koran China (Shanghai Evening News) mengungkapkan bahwa kehadiran iPhone dengan harga yang lebih murah tidak akan menjadi bagian dari masa depan produk Apple.

Dalam wawancara ini Phil melihat perkembangan ponsel di pasar Cina yang awalnya dikuasai leh non-smartphone, kemudian diambil alih oleh smartphone murah, meski ponsel dengan harga murah ini sangat populer, ia mengatakan bahwa ini tidak akan menjadi masa depan dari produk Apple, meski Apple hanya menguasasi 20% pangsa pasar smartphone, mereka memiliki 75% keuntungan darinya. Phil juga mengatakan bahwa pangsa pasar tidak menjadi perhatian Apple, perusahaan ini tidak memiliki strategi seperti perusahaan lain yang merilis berbagai produk untuk melihat mana produk yang diminati pasar.

Seperti yang dikutip dari TheNextWeb, perkembangan yang terjadi tetap menarik untuk dilihat. Jika smartphone murah berarti mengorbankan kualitas material yang ada di perangkat tersebut, ini memang tidak akan menjadi strategi yang diambil Apple, yang menjaga kualitas perangkat mereka dari rantai produksi, body, dll untuk memberikan produk terbaik bagi pasar.

Tetapi bisa saja Apple akan menempuh strategi lain, pangsa pasar smartphone untuk pangsa pasar medium tentu menggiurkan dan terus bertumbuh. Perangkat dengan pengalaman yang serupa dengan yang high-end namun dengan harga yang lebih murah dari Apple juga kita telah lihat hadir di pasar, salah satunya iPad Mini.

Jadi tentunya tetap menarik untuk melihat perkembangan selanjutnya dan apa strategi Apple untuk menawarkan produk baru mereka dalam mengambil pasar smartphone yang lebih luas, apakah program marketing atau strategi produk.

Kutipan terjemahan wawancara bisa dilihat di TheNextWeb atau 9toMac.

Koreksi: nama Phil Schiller, telah diperbaiki. 

Update: Koran Cina yang menerbitkan wawancara Phil Schiller mengubah kutipan atas wawancara yang dilakukan sebelumnya. Berita ini menimbulkan kabar baru bahwa Apple bukannya tidak akan merilis iPhone 'murahan' tetapi akan tetap berfokus pada kualitas, meski untuk harga bisa saja akan muncul iPhone baru yang lebih murah dari yang sekarang ada di pasaran. Info lengkap bisa cek TheNextWeb.