Categories

Gadget

Tak Cuma 'Menggambar' di Udara, 3DSimo Mini Bisa Menyolder dan Memotong Gabus

Glenn Kaonang - 30 June 2015

Percaya tidak percaya, sekarang kita sudah bisa 'menggambar' di udara. Begitu pesatnya perkembangan teknologi 3D printing, produk-produk pena 3D pun mulai banyak bermunculan.

Namun pena 3D saja tampaknya tidak cukup bagi para sosok kreatif. Saat hendak menambatkan logam ke kreasinya, mereka juga memerlukan alat tambahan untuk menyolder. Lebih lanjut, ketika ingin membuat ornamen dari gabus, mereka juga butuh alat pemotongnya.

Well, semua itu ada di 3DSimo Mini. Perangkat ini merupakan evolusi dari 3DSimo, sebuah pena 3D yang bisa memanfaatkan berbagai jenis 'tinta' (filamen).

Info menarik: Menggambar Bidang Tiga Dimensi ‘di Udara’ Dengan Sketchpad Gravity

Sama seperti sang kakak yang berukuran lebih besar, 3DSimo Mini juga bisa dipakai untuk menggambar di udara. Karena suhu pemanasnya bisa disesuaikan, ia pun bisa memakai filamen dari bermacam material, mulai dari plastik ABS dan PLA sampai material serat karbon komposit.

Namun selain menggambar, 3DSimo Mini juga berperan sebagai solder dengan mengganti bagian ujungnya. Ia siap memanaskan timah atau logam lain dengan suhu maksimum 490 derajat Celsius, ideal apabila kreasi Anda melibatkan circuit board.

Fungsi lain dari 3DSimo Mini adalah memotong gabus atau bahan-bahan sejenis karet lainnya. Di saat yang sama, hadir pula komponen bagian ujung untuk menggosongkan material seperti kayu atau kulit.

Info menarik: Bisa Dilipat Menjadi Koper, 3D Printer Ini Juga Bisa Mencetak dengan Beragam Material

3DSimo Mini juga hadir bersama sebuah aplikasi pendamping di Android dan iOS. Setelah menyambungkan 3DSimo Mini dan smartphonevia Bluetooth, Anda bisa mengganti mode maupun mengatur suhu dan kecepatannya dari aplikasi tersebut.

Ke depannya, tim pengembang 3DSimo Mini juga akan menghadirkan komponen tambahan berupa baterai eksternal berdaya 2.000 mAh. Dengan demikian, Anda tetap bisa menggunakan 3DSimo Mini selama 1 jam meski tidak ada colokan listrik yang lowong di sekitar Anda.

3DSimo Mini saat ini sudah bisa dipesan lewat laman kampanye Kickstarter-nya seharga $89. Sebagai informasi, pledge ini hanya mencakup komponen untuk menggambar 3D saja, sedangkan komponen lainnya rencananya akan dijual terpisah seharga sekitar $15 per unit.

Dailysocial.id is a news portal for startup and technology innovation. You can be a part of DailySocial.id`s startup community and innovation members, download our tech research and statistic reports, and engage with our innovation community.

Sign up for our
newsletter

Subscribe Newsletter