Gadget

Tak Cuma Merekam 4K, Drone Ini Bisa Berfungsi Sebagai Action Cam

Saat DJI Phantom 3 Professional diperkenalkan April lalu, satu fitur yang paling dibanggakannya adalah perekaman video 4K 30 fps. Ini memang merupakan sebuah prestasi, mengingat drone lain baru bisa melakukannya jika dipasangkan dengan kamera GoPro Hero4 Black.

Namun DJI kini tidak sendirian. Pasalnya pabrikan drone asal Tiongkok lain, Yuneec, baru saja memperkenalkan produk terbarunya. Dijuluki Typhoon Q500 4K, keunggulan utamanya sudah tampak jelas dari namanya, yaitu perekaman video dalam resolusi 3840 x 2160 dan dalam kecepatan 30 fps.

Tetapi resolusi saja tidak cukup. Maka dari itu, Yuneec telah melengkapi Typhoon Q500 4K dengan gimbal 3-axis untuk meredam guncangan seefektif mungkin selama perekaman video berlangsung. Sebagai bonus, lensa wide-angle 115 derajatnya diklaim sanggup menyajikan gambar tanpa distorsi.

Info menarik: Cuma Sekepalan Tangan, Micro Drone 3.0 Bisa Terbang dan Merekam Video HD

Selain 4K, Typhoon Q500 4K juga menawarkan opsi perekaman video 1080p 120 fps guna memenuhi hasrat slow motion pengguna. Saat perekaman video tengah berlangsung, ia juga sanggup menjepret foto 12 megapixel, baik dalam format JPEG maupun RAW.

Menariknya, kamera beserta gimbal milik Typhoon Q500 4K ini bisa dilepas dan dipasangkan pada semacam joystick bernama Steady Grip. Di titik ini, kamera tersebut akan berfungsi layaknya sebuah action camera dengan memanfaatkan smartphone pengguna sebagai viewfinder dan pusat kontrolnya.

Soal pengoperasian, Typhoon Q500 4K mengandalkan sebuah unit controller yang cukup unik. Ketimbang menambatkan smartphone atau tablet ke controller tersebut, pengguna bisa langsung melihat apa yang tengah direkam melalui layar sentuh 5,5 inci yang tertanam. Lewat layar yang sama, pengguna juga bisa melakukan pengaturan pada kamera drone, seperti mengubah tingkat ISO atau shutter speed.

Info menarik: DJI Rilis Drone Matrice 100 yang Dibekali ‘Penglihatan’

Mengikuti tren terkini, drone ini juga dilengkapi dengan fungsi semi-autopilot. Pengguna bisa mengaktifkan mode Follow Me yang akan mengikuti ke mana pun ia bergerak, atau mode Watch Me yang akan membuat sang drone untuk terus memfokuskan kameranya pada sang pemegang controller. Tidak ketinggalan, fitur geofencing pun turut dihadirkan guna memaksimalkan keamanan.

Drone ini ditenagai oleh baterai lithium-polymer berdaya 5.400 mAh, dengan estimasi waktu mengudara sekitar 25 menit. Unit baterainya bisa dilepas-pasang, sehingga Anda bisa menyelipkan unit baterai lain saat yang terpasang sudah habis.

Yuneec Typhoon Q500 4K saat ini sudah dipasarkan seharga $1.299. Dalam paket penjualannya, Anda akan memperoleh satu unit drone, controller, Steady Grip, dua unit baterai dan carrying case berbahan aluminium. Penasaran sebagus apa hasil perekaman video 4K-nya? Simak video di bawah ini.

Sumber: SlashGear.

Are you sure to continue this transaction?
Yes
No
processing your transaction....
Transaction Failed
Try Again

Sign up for our
newsletter

Subscribe Newsletter