Categories

Gadget

Tak Cuma Pergoki Maling, Kamera Pengawas Logi Circle Juga Abadikan Momen Berkenang di Rumah Anda

Glenn Kaonang - 2 October 2015

Sebuah kamera pengawas umumnya dirancang untuk membantu pengguna mengamankan kediamannya masing-masing. Namun Logitech berpendapat berbeda. Menurut mereka, kamera pengawas juga bisa dimanfaatkan untuk mengabadikan momen-momen berharga di dalam rumah yang terlewatkan oleh kita.

Kalau dipikir-pikir, apa yang diyakini Logitech ini ada benarnya. Ketimbang hanya memergoki maling, kenapa tidak kita manfaatkan saja kamera pengawas sebagai sarana dokumentasi segala peristiwa berkenang di dalam rumah?

Berangkat dari ide tersebut, Logitech memperkenalkan sebuah kamera pengawas unik bernama Logi Circle. Kamera pengawas ini unik karena ia juga mengusung sejumlah elemen web cam, dan disertai fitur pintar yang akan kita bahas lebih lanjut nantinya.

Info menarik: Sangat Pintar, Kamera Pengawas Butterfleye Bisa Bedakan Penghuni Rumah dan Maling

Sebelum itu, mari membicarakan desainnya. Fisik Logi Circle terbilang ringkas dan portable Anda bisa menempatkannya di ruang mana saja di dalam rumah. Bahkan ketika tidak tercolok listrik pun, Logi Circle tetap akan merekam dan Anda bisa memantau hasilnya secara real-time selama tiga jam. Saat baterainya habis, tancapkan saja ia pada charging dock berbasis magnet-nya.

Hardware Logi Circle sendiri sanggup merekam video full-HD. Akan tetapi supaya proses streaming berlangsung lebih lancar, ia hanya akan merekam dalam resolusi 720p. Tidak terlalu masalah, toh lensanya tetap bisa menjangkau sudut-sudut ruangan seluas 135 derajat. Konektivitas nirkabelnya mengandalkan Wi-Fi AC serta Bluetooth LE.

Terlepas dari spesifikasinya yang terbilang standar, Logi Circle sebenarnya juga bisa difungsikan sebagai web cam, membantu pengguna melakukan komunikasi dua arah dengan yang sedang berada di rumah. Namun bukan itu jurus pamungkas Logi Circle; ia disertai algoritma canggih untuk 'menyortir' hanya peristiwa-peristiwa yang menarik saja.

Info menarik: Branto Orb, Kamera Keamanan 360 Derajat Sekaligus Pusat Kontrol Perangkat Smart Home

Logi Circle akan mempelajari pola-pola peristiwa di dalam rumah, lalu memilih klip-klip video yang menarik saja. Saat ada sesuatu yang terjadi, ia juga akan mengirimkan notifikasi ke smartphone sehingga Anda bisa langsung membuka aplikasi pendampingnya untuk memantau.

Lalu ketika Anda ingin melihat peristiwa menarik apa saja yang terjadi, fitur Day Briefs akan menampilkan video berdurasi 30 detik yang merupakan ringkasan dari momen-momen terbaik pada hari tersebut. Logitech sendiri menawarkan layanan cloud secara cuma-cuma untuk menyimpan video dengan durasi maksimum 24 jam.

Meski kedengarannya menarik, sayang sekali Logitech belum mengumumkan ketersediaannya untuk pasar Asia. Mulai bulan ini, Logi Circle baru akan dipasarkan di AS beberapa negara di Eropa saja seharga $200.

Sumber: Business Wire dan Engadget.

Dailysocial.id is a news portal for startup and technology innovation. You can be a part of DailySocial.id`s startup community and innovation members, download our tech research and statistic reports, and engage with our innovation community.

Sign up for our
newsletter

Subscribe Newsletter