Categories

Mobile

Tak Hanya Emoji Jumbo, Aplikasi Message di iOS 10 Juga Boyong Sederet Fitur Tambahan Menggembirakan

Beberapa fitur barunya antara lain, Bubble Effects, background animasi, Invisible Inks dan lain-lain

Bambang Winarso - 14 June 2016

Dalam gelaran akbar WWDC semalam, Apple telah resmi mengumumkan kehadiran iOS 10, sistem operasi generasi terbaru penerus iOS 9 yang bakal menjadi “mainan” baru penggemar berat iPhone. Sejumlah fitur barupun dihadirkan, salah satunya dengan melakukan penyegaran untuk Message, fitur pesan bawaan iOS yang tidak hanya mendapatkan tampilan yang lebih segar tapi juga diganjar pengayaan fitur.

Fitur yang pertama, Message di iOS 10 kini dapat menampilkan media yang dibagikan di jendela percakapan sehingga penerima dapat melihat pratinjau gambar, mendengarkan lagu dari Apple Music dan bahkan memutar video tanpa harus meninggalkan jendela pecakapan.

Berikutnya, Apple menghadirkan fitur memanjakan para penggemar foto dengan menambahkan fungsionalitas kamera ketika mengakses Message. Kemampuan baru ini memungkinkan pengguna melihat objek yang dibidik dan melihat kembali hasil jepretan tersebut di jendela lensa.

Dukungan emoji dibuat lebih mudah dan lebih besar

Aplikasi Message juga menghadirkan fitur prediksi untuk emoji yang akan muncul ketika pengguna mengetikkan karakter pertama. Demi memberi tampilan yang enak dipandang, Apple juga merancang sorotan baru sehingga mempermudah pengguna untuk mengubah teks menjadi emoji pilihan. Bukan cuma itu, Apple mengubah ukuran emoji tiga kali lebih besar ketimbang ukuran di transkrip versi sebelumnya, selain menambahkan efek animasi kembang api atau lampu disko di latar belakang untuk membuat obrolan terasa makin meriah.

Message di iOS 10 mendapatkan tambahan balon yang dapat berubah ukuran

Fitur tambahan lainnya, ada Bubble Effects yang bisa berubah ukuran membesar dan mengecil atau wujud wujud menarik lainnya berdasarkan preferensi pengguna. Sebagai pandanannya, Message di iOS 10 juga mendapatkan dukungan bubble tulisan tangan termasuk dukungan Digital Touch seperti yang diadopsi oleh Apple Watch.

Terakhir, Apple menambahkan fitur bernama “invisible ink” yang memungkinkan pengguna mengirim pesan rahasia yang hanya bisa dilihat ketika penerima menghapus partikel yang menutupinya.

Mulai hari ini iOS 10 sudah dapat dicicipi oleh pengembang, versi publik betanya dijadwalkan rilis pada bulan Juli dan dapat diunduh oleh sebagian besar perangkat berbasis iOS 9 kecuali iPhone 4s dan iPad 2.

Sumber berita Apple, Appleinsider.

Dailysocial.id is a news portal for startup and technology innovation. You can be a part of DailySocial.id`s startup community and innovation members, download our tech research and statistic reports, and engage with our innovation community.

Sign up for our
newsletter

Subscribe Newsletter