Categories

Berita

Tak Hanya Lazada dan Zalora, Blibli Klaim Peningkatan Penjualan 20 Kali Lipat 12 Desember Lalu

Penggunaan kartu kredit mendominasi transaksi bernominal besar dalam rangkaian Shocking Shopping 12/12

Randi Eka - 29 December 2015

Berdasarkan data yang dirilis Blibli, pihaknya mengaku mendapatkan peningkatan penjualan hingga 20 kali lipat dari rata-rata penjualan harian saat program Shocking Shopping 12/12. Hal senada sebelumnya juga disampaikan oleh pemain e-commerce besar lainnya di Indonesia, yakni Lazada dan Zalora.

Senior Digital Marketing, Research & CRM Manager Blibli.com Tabah Yudhananto menyampaikan bahwa peningkatan tajam terjadi karena adanya pemotongan biaya penjualan, yang disampaikan melalui diskon, cashback dan juga gratis biaya pengiriman.

Terkait persebaran konsumen, konsumen Blibli dalam rangkaian penjualan tanggal 12 Desember tersebut didominasi pengguna di pulau Jawa, dengan persentase tertinggi diraup oleh pengguna dari Jakarta, disusul Banten dan Jawa Barat. Kendati demikian, ekosistem pengguna di luar Jawa pun sudah mulai terbentuk.

Selain kenaikan total penjualan, Blibli juga membukukan jumlah transaksi sebanyak 9 kali lipat. Berbeda dengan layanan e-commerce lain, pengguna desktop masih mendominasi pembelian di Blibli dengan angka 64%.

Salah satu hal menarik yang dicatat oleh Blibli adalah dalam rangkaian kegiatan ini penyumbang nilai transaksi tertinggi justru didapat dari penggunaan kartu kredit. Faktor cicilan 0% yang disediakan sejumlah bank menjadi pendorong utama penggunaan kartu kredit untuk pembelian barang-barang bernominal tinggi. Apakah ini menunjukkan hal baru untuk tren e-commerce di Indonesia?

Pada tahun 2013 lalu sempat disampaikan oleh CEO Lazada Asia Tenggara Maximillian Bittner dalam ajang Google Think 2013, bahwa transaksi e-commerce masih didominasi oleh metode pembayaran manual, bahkan banyak yg menghendaki COD (cash on delivery).

Kartu kredit dirasa memang menjadi metode pembayaran yang paling pas untuk e-commerce. Kartu kredit melakukan transaksi di depan dan pembayaran di belakang, artinya konsumen bisa melakukan review terhadap transaksi yang dilakukan sebelum melakukan pembayaran. Buat kami, semakin tingginya penggunaan kartu kredit dalam berbelanja online merupakan imbas rasa aman dan nyaman pengguna layanan e-commerce. Secara umum ini adalah pertanda baik bagi kematangan ekosistem.


Disclosure: DailySocial dan Blibli memiliki induk perusahaan yang sama

Dailysocial.id is a news portal for startup and technology innovation. You can be a part of DailySocial.id`s startup community and innovation members, download our tech research and statistic reports, and engage with our innovation community.

Sign up for our
newsletter

Subscribe Newsletter

Thank you for Reading DailySocial.id

Starting at less than Rp 5.000/Day. You get unlimited access to DailySocial.id