Categories

Internet

Tak Harus Ingat Judul, Mencari Lagu di Spotify Kini Jauh Lebih Mudah

Cukup ketikkan potongan liriknya saja di kotak pencarian

Glenn Kaonang - 8 October 2020

Saya yakin sebagian besar dari kita pasti pernah mengalami hal ini: ingin mencari suatu lagu di Spotify, tapi lupa judulnya dan hanya ingat sepotong liriknya saja. Langkah paling logis yang selanjutnya kita lakukan adalah meminta bantuan Google dengan mencantumkan potongan liriknya tersebut, barulah setelahnya kita bisa menemukan lagunya di Spotify.

Mulai sekarang, kita semestinya sudah tidak perlu bergantung pada Google lagi soal ini, sebab Spotify belum lama ini kedatangan fitur baru yang sangat berguna, yang memungkinkan pengguna untuk mencari lagu dengan potongan lirik sebagai kata kuncinya.

Apple Music sudah punya fitur ini sejak iOS 12 diluncurkan dua tahun lalu, tapi seperti yang orang bijak katakan, lebih baik terlambat daripada tidak sama sekali.

Ketika saya coba, fitur ini benar-benar bekerja sesuai harapan. Bukan cuma untuk lagu-lagu barat saja, tapi juga untuk lagu-lagu Indonesia. Seperti yang bisa Anda lihat pada gambar di bawah, bahkan lagu lawas seperti “Hatimu Hatiku” maupun soundtrack serial TV “Pendekar Pemanah Rajawali” yang dinyanyikan oleh Yuni Shara pun bisa ditemukan dengan mencantumkan potongan liriknya.

Lucunya, untuk lagu yang dinyanyikan Mbak Yuni itu, saya sempat mencoba dua kali; satu dengan kata “mengubah”, satu lagi dengan “merubah”. Kalau menurut KBBI revisi terkini, kita tahu bahwa yang benar adalah “mengubah”, tapi lirik aslinya yang dinyanyikan kala itu adalah “merubah”, dan ternyata Spotify berhasil menampilkan hasil yang tepat untuk keduanya.

Jujur saya sangat suka dengan fitur ini, terutama untuk mencari lagu-lagu yang memang judulnya tidak tercantum pada lirik sama sekali, seperti misalnya “A Day in the Life” gubahan The Beatles, atau “Black Dog” ciptaan Led Zeppelin – atau satu lusin lebih lagu Led Zeppelin lain yang memang judulnya tidak pernah dinyanyikan sama sekali.

Kalau boleh menebak, fitur ini semestinya bisa mencari seluruh lagu yang memang ada liriknya di Spotify, yang hampir semuanya berasal dari database milik Musixmatch. Selain di aplikasi smartphone, saya juga sempat menjajal fitur ini di aplikasi desktop Spotify, dan hasilnya pun identik, hanya saja tidak ada keterangan “Lyrics match” seperti di smartphone.

Via: 9to5Mac. Gambar header: Depositphotos.com.

Dailysocial.id is a news portal for startup and technology innovation. You can be a part of DailySocial.id`s startup community and innovation members, download our tech research and statistic reports, and engage with our innovation community.

Sign up for our
newsletter

Subscribe Newsletter