23 May 2018

by Bambang Winarso

Tak Lama Lagi Anda Bisa Membungkam Teman yang Bawel di Instagram

Fitur ini dipastikan bakal hadir dalam beberapa minggu ke depan

Di Instagram, tak selamanya Anda bisa menikmati momen menyenangkan dari foto-foto yang bertebaran di lini masa. Ada kalanya – bahkan sering – beberapa foto yang lewat memperlihatkan objek yang tak penting, aneh, spam, menjijikan, atau norak. Tapi di saat yang sama, Anda merasa tak enak hati harus berhenti mengikuti (unfollow) akun tersebut.

Untungnya kini Instagram punya solusi mudah untuk pengguna Instagram yang tengah dalam dilema seperti di atas. Dalam pembaruan teranyarnya, Instagram memberi pengguna opsi kepada pengguna untuk membungkam teman. Fitur β€œMute” yang lama tertunda ini memungkinkan Anda untuk secara permanen atau sementara membungkam teman tanpa perlu berhenti mengikuti mereka. Dengan langkah mudah ini, Anda tetap bisa menyelamatkan pertemanan tanpa merasa terganggu dengan postingan noraknya.

Sebelum pembaruan ini, pengguna yang ingin berhenti melihat postingan teman di Instagram, harus berhenti mengikuti mereka. Sayangnya, cara ini kerap kali memicu salah paham di antara teman. Untungnya, Anda tak perlu lagi menghadapi permasalahan ini.

Dituliskan oleh Instagram di blog resminya, pembaruan fitur Mute ini akan digulirkan dalam beberapa minggu ke depan. Setelah aktif, opsi ini akan terselip di tombol tiga titik tepat di atas pos seseorang dan pilih tombol Mute. Berikutnya, Anda juga dapat memilih apakah ingin membungkam hanya postingan foto, Stories atau keduanya.

Tetapi, meskipun fitur ini telah diaktifkan, pengguna tetap dapat melihat profil teman dan keluarga yang telah dibungkam tanpa khawatir mereka mengetahuinya. Di masa mendatang jika dirasa perlu, Anda juga dapat kembali membuka kunci dengan konsekuensi kembali melihat postingan pengguna bersangkutan.

Sumber berita Instagram dan gambar header Pixabay.