11 November 2015

by Bambang Winarso

Tak Mau Jatuh Dua Kali, Twitch Adopsi Sistem Keamanan Baru

Untuk menghalau peretas, Twitch meluncurkan fitur keamanan baru: two-factor authentication (2FA).

Hacker kerap jadi momok menakutkan bagi penyedia layanan dunia maya, dari yang sedang tumbuh berkembang hingga yang sudah mapan. Di masa lalu kita sudah banyak mendengar cerita sebuah layanan yang kelimpungan saat database-nya dibobol oleh peretas. Dan Twitch tampaknya tak berniat kembali melewati pengalaman buruk itu.

Situs layanan streaming video game itu baru saja meluncurkan fitur keamanan baru yang biasa disebut dengan two-factor authentication (2FA). Meski ditujukan untuk semua pengguna, namun sistem keamanan ini 100% dihadirkan tanpa paksaan, artinya jika Anda sudah merasa cukup aman dengan sandi yang digunakan saat ini, maka Anda tidak harus menggunakan prosedur baru ini.

β€œSistem two-factor authentication (2FA) membutuhkan dua metode verifikasi yang berbeda untuk mengakses akun, yaitu kata sandi dan ponsel. Setiap kali pengguna mencoba login, pengguna harus memasukkan sandi yang valid dan kode unik yang sebelumnya akan dikirimkan ke ponsel. Tanpa keduanya, akun tidak akan dapat diakses.”

Twitch juga memberikan panduan cara mengaktifkan fitur keamanan ini. Di mana pertama-tama Anda diminta untuk login seperti biasa kemudian mengakses panel Security di menu Settings.

Dari sana klik setup two-factor authentication dan masukkan kata sandi akun, lalu nomor ponsel dan masukkan kode verifikasi yang dikirimkan via pesan singkat ke ponsel Anda.

Fitur keamanan baru ini jelas merupakan upaya serius Twitch untuk memberikan rasa aman kepada penggunanya. Pada bulan Maret lalu, perusahaan yang dimiliki oleh Amazon ini pernah mengatakan kecolongan oleh aksi peretas yang berhasil mengakses akun pengguna secara ilegal. Namun segera dapat diatasi dengan baik.

Sumber berita Twitch dan gambar header Shutterstock.