12 December 2013

by Yoga Wisesa

Tak Mau Kalah Dari Find My iPhone, Google Luncurkan Android Device Manager

Di masa modern seperti sekarang, device pintar dan seluruh isi datanya bisa dibilang merupakan 'barang' paling berharga yang Anda miliki. Kemudian bagaimana jika tiba-tiba Anda tidak bisa menemukannya? Apple telah memberikan solusi kepada para pemilik iDevice dengan meluncurkan Find My iPhone. Tidak mau ketinggalan, akhirnya Google juga merilis Android Device Manager dengan fungsi yang hampir sama.

Perilisan aplikasi ini cukup unik, sebenarnya Google telah membuat Android Device Manager bisa diakses dari bulan Agustus lalu. Tetapi entah mengapa saat itu fungsi ADM masih berbasis web. Mungkin mereka melakukannya sebagai tahap uji coba, karena beberapa saat lalu Android Device Manager akhirnya bisa Anda unduh di Google Play Store.

Seperti yang saya bilang, layanan ini bekerja sepeti Find My iPhone. Saat Anda tidak bisa menemukan smartphone Android, Anda melakukan panggilan dengan volume ringtone maksimal - dengan catatan ia hanya 'bersembunyi' di balik bantal atau sofa. Terdapat pula fitur locator yang akan menunjukkan dimana perangkat pintar Anda berada dalam peta. Pengguna juga bisa melakukan reset pada PIN lock screen bahkan menghapus seluruh data di smartphone dengan metode remote.

Tetapi berbeda dengan platform milik Apple, Anda tidak bisa mengirim pesan ke smartphone yang hilang dan meminta orang yang menemukan device tersebut mengembalikannya pada Anda. Mungkin fitur ini akan dibubuhkan pada update selanjutnya. Tapi tanya pada diri Anda, untuk di Indonesia, seberapa besar peluang orang yang menemukan perangkat pintar tanpa tuan di tempat umum untuk mengembalikan ke pemiliknya yang sah?

Memang mengoperasikan aplikasi ini via web terasa lebih masuk akal. Jika Anda kehilangan device Android, Anda tinggal menyalakan PC dan mulai mencarinya dengan Android Device Manager. Kemudian, aplikasi ini juga tidak memberikan sebuah fitur yang benar-benar baru karena beberapa produsen telah mengenalkan aplikasi serupa untuk platform Android.

Tetap saja sungguh menyenangkan melihat Google memberikan perhatian pada para konsumennya. Penggunaan aplikasi Android Device Manager akan menjadi sangat esensial bagi mereka yang menggunakan lebih dari satu device Android. Jika smartphone hilang, segera gunakan aplikasi ini sebelum baterainya perangkat Anda habis, pastikan saja Anda tidak menjatuhkannya di bak kamar mandi...

Untuk menjalankan Android Device Manager, pastikan perangkat Android Anda berjalan di sistem operasi versi 4.2 atau lebih.

Via TechCrunch