Categories

Gadget

Tak Mau Kalah Dari LG, Samsung Ungkap Smartwatch Gear S Berkonektivitas 3G

Yoga Wisesa - 29 August 2014

Tidak lama setelah LG resmi memperkenalkan smartwatch G Watch R, Samsung segera mengumumkan produk teranyar mereka yang merupakan wearable device inkarnasi terbaru dari seri Gear. Sekilas, bentuknya menyerupai model terdahulu, tapi tampaknya mereka menggunakan pendekatan hampir serupa dari rivalnya itu.

Diumumkan dengan nama Samsung Gear S, ia adalah perpaduan dari Gear 2 dan desain elegan arloji tradisional, menyajikan layar 2-inci Super AMOLED melengkung seperti Gear Fit. Display beresolusi 360×480 miliknya dijanjikan mampu menghasilkan gambar cerah serta kaya warna, dan menawarkan user interface yang mudah digunakan. Pengguna dapat membaca pesan dan notifikasi dalam kondisi apapun.

Layar melengkung Gear S serasi dengan bagian strap fleksibelnya. Anda bisa mengkustomisasi konten display, hingga mengganti strap sesuai selera. Bagian terakhir ini dibuat dari material lentur, untuk memastikan pengguna tetap merasa nyaman walau memakainya seharian. Penunjuk waktu ditampilkan a la arloji analog walaupun semuanya berjalan secara digital.

Samsung Gear S 02

Dari luar, mungkin ia terlihat seperti produk smartwatch biasa, tapi Samsung telah membenamkan kemampuan lain yang membuatnya spesial.

 

Info menarik: Samsung Galaxy Note 4 Diyakini Membawa Bekal Sensor Sidik Jari Dengan Fitur Tambahan

 

Samsung Gear S didukung konektivitas 3G, dimana pengguna bisa melakukan panggilan langsung dari smartwatch. Tanpa harus terhubung ke perangkat pintar utama, kita dapat mengakses aplikasi, jejaring sosial dan melihat janji temu. Anda bisa langsung membalas pesan masuk melalui keyboard QWERTY virtualnya atau dengan memanfaatkan S Voice.

Smartwatch baru Samsung tersebut juga memiliki koneksi Wi-Fi serta Bluetooth. Saat tersambung ke smartphone, sangat mungkin bagi kita untuk mem-forward panggilan ke Gear S, juga secara otomatis mensinkronisasi segala info yang ada di dalamnya. Anda diberi kendali penuh untuk memilih koneksi 3G ataupun Bluetooth.

Sebagaimana Gear 2 dan Gear 2 Neo, Gear S berjalan di sistem operasi Tizen. Ia ditenagai prosesor dual-core berkecepatan 1,0GHz, memori RAM 512MB dan penyimpanan internal 4GB, dengan sumber tenaga dari baterai 300mAh. Samsung tidak lupa menanamkan berbagai macam sensor seperti accelerometer, groscope, kompas, pendeteksi detak jantung, ambient light, sinar ultraviolet dan barometer.

Samsung Gear S 03

 

Info menarik: Seperti Inilah Device Virtual Reality Besutan Samsung

 

Sensor-sensor itu membuat Gear S sangat pas untuk menjalankan app kesehatan dan fitness seperti S Health serta Nike+ Running. Tak lupa, Samsung membekalinya pula dengan fitur navigasi HERE, layanan berita fastFT dari The Financial Times, integrasi Facebook dan Spritz.

CEO serta kepala IT & mobile communication Samsung, JK Shin, menerangkan, “Samsung Gear S mencoba merombak ide tentang [perangkat] wearable pintar dan budaya komunikasi mobile. Ia memungkinkan pengguna untuk terkoneksi secara penuh dimanapun, dan kapanpun.” Menurut Shin, perangat tersebut adalah upaya progresif mereka dalam menawarkan inovasi.

Tapi pertanyaan terpentingnya: dengan konektivitas mirip smartphone dan sensor lengkap yang dimilikinya, kira-kira siapa target pasar utama Samsung Gear S?

Ada kemungkinan besar bahwa Samsung berniat untuk memamerkannya dalam acara Samsung Unpacked tanggal 3 September minggu depan. Rencananya, Gear S mulai dipasarkan secara global pada bulan Oktober nanti dalam dua pilihan warna, blue black dan pure white.

Sumber: Samsung Mobile Press.

Dailysocial.id is a news portal for startup and technology innovation. You can be a part of DailySocial.id`s startup community and innovation members, download our tech research and statistic reports, and engage with our innovation community.

Sign up for our
newsletter

Subscribe Newsletter