Categories

Gadget

Tak Mau Kalah dari Xbox, Backward Compatibility Akan Hadir di PlayStation 4

Menariknya lagi, Sony sebenarnya sudah melepas beberapa game PS2 di console baru lewat PlayStation 4 edisi khusus.

Yoga Wisesa - 24 November 2015

Bagi gamer PC, backward compatibility bukanlah cerita baru. Berkat layanan semisal GOG, Anda bisa menikmati permainan berumur belasan tahun. Namun hal ini merupakan sebuah titik peralihan penting di ranah console. Dengannya, kita diberi kesempatan untuk menikmati koleksi game tua yang mulai terlupakan. Dan lewat update Xbox, Microsoft jadi selangkah lebih unggul dari Sony.

Tidak mau kalah dari rival bersarnya, kepada Wired, Sony Computer Entertainment mengonfirmasi bahwa kapabilitas tersebut juga akan hadir di consolecurrent-gen PlayStation 4. Tim sedang bekerja supaya judul-judul PlayStation 2 bisa dimainkan dari PlayStation 4, diimplementasikan melalui teknologi emulation. Fans sudah pasti menuntut penjelasan lebih rinci, sayangnya hanya itu yang bisa disampaikan oleh Sony.

Informasi mengenai dimanfaatkannya emulator PS2 di PlayStation 4 sudah sempat terdengar dari bulan Januari 2014, bersamaan dengan pengumuman layanan PlayStation Now. Sejak saat itu, hampir tidak ada berita mengenainya kecuali lewat bocoran rating PEGI dan screenshot saat periode beta PS4 firmware 3.0. Kemudian tanpa pemberitahuan lebih dulu, ia meluncur tiba-tiba bersama PlayStation 4 Limited Edition Star Wars: Battlefront.

Bundel tersebut meliputi game-game klasik yaitu Super Star Wars, Star Wars: Racer Revenge, Star Wars: Jedi Starfighter, dan Star Wars: Bounty Hunter. Khususnya untuk tiga permainan terakhir, mereka dirilis di era PlayStation 2. Dan Digital Foundry menemukan bahwa Racer Revenge, Jedi Starfighter dan Bounty Hunter berjalan via emulator setelah proses pengunduhan rampung.

Bagaimana Digital Foundry tahu Sony menggunakan teknik emulasi dan bukan re-master? Pertama, fungsi tombol start dan select dibubuhkan pada trackpad DualShock 4. Selain Sony sendiri, developer third-party tidak bisa mengakses sistem OS. Lalu seperti emulator PS2 di PlayStation 3, terdapat sistem emulation khusus yang bekerja buat menangani kartu memori console lawas. Animasi logonya terlihat pecah dan Sony juga tidak mengubah posisi tombol controller PS2.

Meskipun 'mundur' hingga ke generasi console keenam, fitur ini mempunyai premis tidak kalah menarik dibanding backward compatibility Xbox One. Memang betul game Xbox 360 jauh lebih canggih dari PS2, namun platform tua Sony tersebut adalah console terlaris sepanjang masa, tempat mendaratnya lebih dari 3.800 permainan. Layaknya GOG, aspek nostalgia sangat kental di sana.

Pertanyaanya, kapan kira-kira Sony siap meluncurkan fitur backward compatibility untuk para pemilik PlayStation 4?

Are you sure to continue this transaction?
Yes
No
processing your transaction....
Transaction Failed
Try Again

Dailysocial.id is a news portal for startup and technology innovation. You can be a part of DailySocial.id`s startup community and innovation members, download our tech research and statistic reports, and engage with our innovation community.

Sign up for our
newsletter

Subscribe Newsletter