6 September 2013

by Bambang Winarso

Tak Mau Kalah dengan Samsung dan Sony, Qualcomm Juga Rilis Smartwatch Qualcomm Toq

Entah suatu kebetulan atau memang tak mau kalah dengan Samsung tapi yang jelas berbarengan dengan tanggal perkenalan Samsung Galaxy Gear dua hari yang lalu, Qualcomm juga mengumumkan keberadaan jam tangan pintar mereka yang bernama Qualcomm Toq atau jika diejakan berkonotasi "Qualcomm Talk".

Di tengah-tengah hiruk pikuk berita jam tangan Galaxy Gear dan Sony Smartwatch 2, kehadiran Qualcomm ToqΒ ini bisa jadi opsi lain terutama bagi sobat yang kurang tertarik dengan kedua jam tangan pintar tersebut. Tapi, apa kelebihan Qualcomm Toq sehingga pantas jadi opsi kedua?

Dalam sebuah rilis press TRL mendapatkan sederet fitur yang ditawarkan di jam tangan pintar Qualcomm Toq seperti layar dengan teknologi Mirasol nan hemat energi, wireless charging yang didesain sendiri dengan teknologi Qualcomm WiPower LE dan audio Bluetooth.

Layar Mirasol, baru dengar? Sama, tapi secara sederhana dapat TRL jelaskan seperti apa teknologi yang diusung layar ini. Layar Mirasol didesain dan dikembangkan oleh Qualcomm sendiri, tampilan fisiknya hampir serupa dengan e-paper tetapi diperkaya warna meski tanpa dukungan backlight. Artinya, layar ini dapat dilihat dengan jelas di bawah pencahayaan yang terang misalnya di siang hari sehingga lebih hemat energi. Keberadaan teknologi inilah yang membuat Qualcomm mengklaim jam tangan pintar miliknya bisa hidup selama 3 hari.

Qualcomm Toq didesain untuk menjadi layar kedua yang terhubung ke smartphone pengguna sehingga dapat digunakan untuk membuka pesan, melakukan panggilan dan juga memutar musik. Itu sebabnya jam tangan pintar ini kompatibel dengan sistem operasi Android 4.0.3. Dukungan untuk iPhone juga dikabarkan memungkinkan dilakukan.

Qualcomm juga menyediakan perangkat headset nirkabel tambahan yang dapat digunakan untuk menikmati koleksi lagu sobat atau melakukan panggilan dengan kendali sepenuhnya melalui jam tangan pintar ini. Hebatnya headset ini juga mendukung pengisian ulang via wireless.

QualcommToq mulai tersedia pertengahan Oktober 2013 dengan banderol yang ternyata lebih mahal ketimbang Samsung Galaxy Gear dan Sony Smartwatch 2 yakni $300. Yang ingin tahu lebih jauh seperti apa Qualcomm Toq bisa ke halaman resminya di sini.

Nah, dengan tambahan Qualcomm Toq sekarang sobat punya 3 pilihan jam tangan pintar yang sebentar lagi tersedia meskipun mungkin saja tidak semua perangkat akan tersedia di Indonesia. Tapi pastinya sobat sudah punya jagoan masing-masing, nah supaya tidak ketinggalan berita jangan lupa pencet likeFacebook page TRL dan followTwitter.