Tak Mau Kalah Saing, Line Genjot Pengembangan Chatbot dengan Fungsionalitas Baru

Tak Mau Kalah Saing, Line Genjot Pengembangan Chatbot dengan Fungsionalitas Baru

Utamanya adalah jenis pesan baru yang semakin memudahkan komunikasi pengguna dengan chatbot
Tiga jenis pesan baru untuk chatbot Line / Line
Tiga jenis pesan baru untuk chatbot Line / Line

Mulai dari Facebook Messenger sampai Telegram, hampir semua layanan pesan instan kini tengah gencar mengadopsi tren chatbot. Line pun tidak mau ketinggalan. Dalam acara Line Developer Day 2016 di Jepang, layanan pesan instan tersebut mengumumkan sejumlah pembaruan terhadap fungsionalitas chatbot dalam aplikasi Line.

Sebelum membahas lebih lanjut, Line sebenarnya sudah memulai tahap percobaan inisiatif ini sejak bulan April lalu. Setidaknya sudah ada sekitar 20.000 chatbot Line yang dikembangkan oleh developer, dan pembaruan ini diharapkan bisa meningkatkan jumlahnya secara lebih agresif lagi.

Yang pertama adalah Messaging API baru yang mencakup tiga jenis pesan anyar: Confirm Type, Button Type dan Carousel Type. Confirm Type memungkinkan chatbot untuk memberikan pertanyaan sekaligus tombol jawaban “ya” atau “tidak”, sehingga pengguna bisa lebih mudah merespon terhadap undangan acara dan lain sebagainya.

Button Type di sisi lain menggabungkan gambar, teks dan tombol aksi lain, sedangkan Carousel Type merupakan versi alternatif dari Button Type yang disajikan dalam format scrolling horizontal sehingga beragam konten sekaligus bisa ditampilkan.

Ke depannya, Line berencana untuk menghadirkan lebih banyak lagi jenis pesan unik semacam ini. Harapannya adalah pengguna bisa lebih mudah berkomunikasi dengan chatbot, apalagi mengingat chatbot yang dikembangkan dengan API baru ini bisa digunakan dalam group chat.

Line Notify memungkinkan layanan seperti IFTTT atau Github untuk mengirimkan notifikasi dalam bentuk pesan standar di Line / Line
Line Notify memungkinkan layanan seperti IFTTT atau Github untuk mengirimkan notifikasi dalam bentuk pesan standar di Line / Line

Yang kedua adalah Line Notify, sebuah layanan berbasis API yang memungkinkan aplikasi atau situs untuk mengirim notifikasi langsung ke pengguna Line dalam bentuk pesan biasa. Contoh yang sudah ada adalah integrasi IFTTT, dimana pengguna bisa menanyakan soal ramalan cuaca atau email penting yang menantinya semua dalam percakapan Line.

Terakhir, dalam rangka menumbuhkan semangat developer untuk mengembangkan chatbot, diadakanlah Line Bot Awards, yang pada dasarnya merupakan kompetisi pengembangan chatbot untuk individu maupun kelompok dengan hadiah utama 10 juta yen. Sebagai pengguna, sederhananya kita tidak perlu menunggu terlalu lama akan kemunculan chatbotchatbot baru yang inovatif untuk aplikasi Line.

DailySocial.id adalah portal berita startup dan inovasi teknologi. Kamu bisa menjadi member komunitas startup dan inovasi DailySocial.id, mengunduh laporan riset dan statistik seputar teknologi secara cuma-cuma, dan mengikuti berita startup Indonesia dan gadget terbaru.

Mobile
Artikel Populer
x
Minerva | Maximize
3

Minerva is typing…