8 November 2016

by Glenn Kaonang

Tak Perlu Beli Mobil Baru, Android Auto Sekarang Bisa Dijalankan Langsung di Ponsel

Syaratnya: ponsel menjalankan OS Android versi 5.0 ke atas dan dilengkapi koneksi internet

Seperti yang sudah dijanjikan pada ajang Google I/O kemarin, Google akhirnya merilis update terbaru Android Auto yang memungkinkan pengguna untuk menjalankannya langsung di smartphone tanpa harus tersambung ke sistem dashboard milik mobil terlebih dulu.

Ini merupakan solusi yang jauh lebih terjangkau – gratis lebih tepatnya – ketimbang harus membeli mobil baru dengan sistem dashboard yang kompatibel atau memasangkan aftermarket head-unit seperti Sony XAV-AX100 pada mobilnya sekarang. Yang dibutuhkan hanyalah sekadar mount untuk menggantungkan ponsel di dashboard.

Apa sebenarnya manfaat yang bisa Anda ambil dari Android Auto? Pertama, tampilannya benar-benar dioptimalkan untuk mendampingi Anda selagi mengemudi. Tujuannya supaya Anda tetap bisa mengakses informasi penting macam panduan navigasi, mendengarkan musik dan berkomunikasi tanpa teralihkan perhatiannya oleh notifikasi dan aplikasi yang tidak relevan.

Android Auto juga mendukung fitur perintah suara, tapi untuk sekarang Anda baru bisa mengaktifkannya via tombol di layar secara manual. Dalam beberapa minggu ke depan, Google akan merilis update supaya perintah suara bisa diaktifkan dengan hanya mengucapkan "OK Google".

Untuk bisa menggunakan Android Auto, perangkat harus menjalankan sistem operasi minimum Android versi 5.0. Sayang sepertinya Android Auto masih belum tersedia di Indonesia jika merujuk pada keterangan di situs resminya.

Sumber: VentureBeat dan Google Blog.