24 January 2018

by Yoga Wisesa

Tak Perlu Dipegang, Action Cam 360 Derajat Fitt360 Bisa Dikenakan di Leher

Fitt360 merupakan kamera action berwujud neckband pertama di dunia.

Berkat banyaknya pilihan action camera dan dukungan beragam jenis mount, proses perekaman dan pengabadian momen bisa dilakukan di mana saja. Anda bisa memasangkannya di helm, skateboard hingga setang sepeda. Namun tanpa menggunakan aksesori tambahan seperti handle, pernahkah Anda membayangkan posisi apa yang paling ideal untuk membawa action cam?

Tim Linkflow telah menemukan jalan keluar terbaiknya. Mereka memperkenalkan Fitt360, sebuah kamera action unik yang bisa digunakan tanpa mengharuskan tangan untuk memeganggnya. Pendekatan desainnya juga lebih praktis dari action cam berwujud kacamata seperti Orbi Prime, karena Fitt360 dikenakan di sekitar leher ala kalung - atau lebih tepatnya mirip headset neckband.

Fitt360 merupakan kamera action berwujud neckband pertama di dunia, didesain untuk merekam kejadian di sekitar Anda dengan sudut penglihatan seluas 360 derajat. Itu artinya, Fitt360 sempurna untuk menyampaikan cerita dalam perspektif orang pertama, baik lewat rekaman ataupun live stream. Berkatnya, Anda bisa tetap beraktivitas secara normal - seperti bermain bersama buah hati atau bersepeda dengan kawan.

Penampilan Fitt360 betul-betul tampak seperti headset neckband dengan struktur melengkung untuk digantungkan di belakang leher. Perangkat ini menyimpan tiga modul lensa, masing-masing mampu melihat seluas 180 derajat lebih, diposisikan secara asimetris di beberapa titik di neckband. Saat diaktifkan, kamera-kamera tersebut bekerja secara sinkron menyulam tiga gambar sembari bekerja meminimalkan getaran sehingga konten siap dinikmati via headset VR.

Hasil rekaman/foto dari Fitt360 dapat disajikan dalam format 360 derajat atau 2K melalui tiga foto/video terpisah. Selanjutnya video, live stream atau hasil jepretan-jepretan Anda dapat di-share ke jejaring sosial.

Uniknya lagi, ketika fungsi kamera action 360 derajat sedang tidak digunakan, Fitt360 dapat dimanfaatkan sebagai speaker Bluetooth (mono, dengan output 8Ohm) wireless, bisa menghidangkan musik atau mempersilakan Anda melakukan/menerima panggilan telepon secara hands-free.

Selain itu, tubuh dari Fitt360 tahan terhadap panas, benturan, dan air (bersertifikasi IPX6); lalu perangkat juga sudah dibekali GPS. Baterai internalnya dapat menjaga kamera action neckband ini tetap aktif selama 90 menit.

Satu set lengkap Fitt360 sudah bisa Anda pesan sekarang melalui situs crowdfunding  Kickstarter seharga mulai dari US$ 417.

Kesederhanaan pemakaian Fitt360 serta desain yang tidak menonjol membuatnya sangat ideal untuk dijadikan perangkat pendukung aktivitas jurnalistik. Bayangkan, Anda tidak perlu lagi mengangkat kamera saat ingin membuat video wawancara, dan tidak akan menarik perhatian ketika sedang meliput peristiwa penting.